PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI PADA SISWA KELAS IV SDN GOGORANTE KECAMATAN NGASEM KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

LIA FATMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0190

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa guru lebih sering menggunakan metode ceramah dalam kegiatan pembelajaran dan media yang digunakan pun juga kurang bervariasi terutama pada pelajaran IPS. Dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru perlu menggunakan strategi yang tepat untuk membuat siswa memahami materi yang disampaikan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penggunaan strategi pembelajaran kontekstual tanpa didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi pada siswa kelas IV SDN Gogorante Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015? (2) Apakah penggunaan strategi pembelajaran kontekstual didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi pada siswa kelas IV SDN Gogorante Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015? (3) Adakah perbedaan pengaruh strategi pembelajaran kontekstual tanpa didukung media visual dibandingkan strategi pembelajaran kontekstual didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi pada siswa kelas IV SDN Gogorante Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest Control Group Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian yaitu, seluruh siswa kelas IV SDN Gogorante Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri yang berjumlah 43 siswa. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas kontrol dan IV B sebagai kelas eksperimen dengan anlisis uji t. Berdasarkan hasil analis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan strategi pembelajaran kontekstual tanpa didukung media visual sangat berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi terbukti dengan hasil th = 10,716 > tt (1%) = 2,819 (dengan ketuntasan sebesar 20%); (2) Penggunaan strategi pembelajaran kontekstual didukung media visual sangat berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi terbukti dengan hasil th = 9,634 > tt (1%) = 2,845 (dengan ketuntasan sebesar 86%); (3) Ada perbedaan pengaruh antara strategi pembelajaran kontekstual tanpa didukung media visual dibanding strategi pembelajaran kontekstual didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi dengan hasil perhitungan th = 4,304 > tt (1%) = 2,704 dengan keunggulan pada penggunaan strategi pembelajaran kontekstual didukung media visual, hal ini terlihat dari X ? KE 78,42 > X ? KK 66,96. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Kontekstual Didukung Media Visual, Kemampuan Mengidentifikasi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Dan Transportasi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI