PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA KEGIATAN MENGANALISIS KEGIATAN EKONOMI TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN KEGIATAN EKONOMI SISWA KELAS IV SDN BURENGAN 4 KEDIRI


Author (Penulis)

LIA AIRUFIKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0189

Abstract

ABSTRAK Lia Airufika : Penerapan model Picture and Picture dengan Media Audio-Visual pada kegiatan menganalisis kegiatan ekonomi terhadap kemampuan menjelaskan kegiatan ekonomi siswa kelas IV SDN Burengan 4 Kediri Program Studi PGSD FKIP UN PGRI Kediri Kata kunci : Kemampuan menjelaskan kegiatan ekonomi, media Audio-Visual, menganalisis kegiatan ekonomi, model Picture and Picture Penelitian ini dilatarbelakangi pengalaman peneliti selama PPL dan setelah melakukan wawancara dengan guru. Pengunaan model konvensional pada saat menyampaikan materi IPS yang dilakukan oleh guru selama ini membuat siswa merasa jenuh, bosan serta enggan untuk mengikuti pelajaran. Pemahaman siswa terhadap materi tersebut juga sangat rendah, terbukti pada saat guru memberikan soal kepada siswa banyak siswa yang mendapat nilai dibawah KKM. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan siswa menjelaskan kegiatan ekonomi pada kegiatan menganalisis kegiatan ekonomi sebelum menerapkan model picture and picture dengan media audio-visual?, (2) Bagaimana kemampuan siswa menjelaskan kegiatan ekonomi pada kegiatan menganalisis kegiatan ekonomi setelah menerapkan model picture and picture dengan media audio-visual ?, dan (3) Adakah peningkatan kemampuan menjelaskan kegiatan ekonomi pada kegiatan menganalisis kegiatan ekonomi terhadap penerapan model picture and picture dengan media audio-visual?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Burengan 4. Penelitian ini menggunakan instrument berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar validasi, dan hasil belajar siswa (tes tulis). Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata pre test adalah 65,7 dan rata-rata post test adalah 79,9. Dengan menggunakan uji t diperoleh t hitung sebesar 10,429. Jika dikonsultasikan kepada t tabel N-1= 30-1 = 29 dengan signifikan 5% didapatkan nilai t tabel 1,6999. Dengan demikian, nilai t hitung > nilai t tabel hal ini berarti terdapat Pengaruh penerapan model picture and picture dengan media audio-visual pada kegiatan menganalisis kegiatan ekonomi terhadap kemampuan menjelaskan kegiatan ekonomi siswa kelas IV SDN Burengan Kediri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Kemampuan menjelaskan kegiatan ekonomi siswa pada kegiatan menganalisis kegiatan ekonomi sebelum menerapkan model picture and picture dengan media audio-visual masih kurang, (2) Kemampuan menjelaskan kegiatan ekonomi siswa pada kegiatan menganalisis kegiatan ekonomi setelah menerapkan model picture and picture dengan media audio-visual sudah baik, dan (3) Terdapat peningkatan kemampuan menjelakan siswa sebelum dan setelah menerapkan model picture and picture dengan media audio-visual.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI