HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR MENYEBUTKAN CONTOH ATURAN-ATURAN YANG BERLAKU DI LINGKUNGAN MASYARAKAT MATA PELAJARAN PKn SISWA KELAS III SEMESTER 1 SD NEGERI 1 KARANGANOM TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

ERNY IMANSARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0126

Abstract

Abstrak Erny Imansari : Hubungan antara Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Menyebutkan Contoh Aturan-aturan yang Berlaku di Lingkungan Masyarakat Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas III Semester 1 SD Negeri 1 Karanganom Trenggalek Tahun Pelajaran 2014-2015, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2015. Kata kunci: Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar Menyebutkan Aturan-aturan yang Berlaku di Lingkungan Masyarakat. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran PKn di SD masih didominasi oleh peran guru yang membuat siswa pasif. Guru masih menggunakan cara konvensional yang membuat pembelajaran PKn belum bisa maksimal. Hal tersebut nampak dari kemampuan siswa dalam menguasai materi pelajaran kurang. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat (3) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar siswa menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas III SD Negeri 1 Karanganom yang berjumlah 25 siswa. Penelitian dengan menggunakan Paradigma Sederhana dimana dalam penelitian ini menunjukkan hubungan satu variabel independen (X) dengan satu variabel dependen (Y). Instrumen yang digunakan yaitu angket dan perangkat pembelajaran yang di dalamnya terdapat tes. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah rata-rata kuesioner terhadap motivasi berprestasi siswa yaitu 55.84 sedangkan hasil rata-rata nilai tes terhadap kemampuan siswa dalam menyebutkan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat yaitu 82.83. Adapun nilai koefisien korelasi antara variabel motivasi berprestasi dengan hasil belajar menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat adalah 0,864 dengan nilai Signya 0,000 dalam arti kesalaahan menolak Ho hanyalah 0% atau mendekati 0%. Hasil pada Sig itu dapat di cek ulang dengan membandingkan rhitung 0,864 dengan rtabel untuk dk: 25 (jumlah subjek) dikurangi 2 (jumlah variabel) = 23. Nilai tabel untuk 23 dengan kesalahan 5% : 0,413 dan 1% 0,526. Karena rhitung lebih besar dari pada rtabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat mata pelajaran PKn siswa kelas III semester 1 SD Negeri 1 Karanganom Trenggalek tahun pelajaran 2014-2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI