PENGARUH PENERAPAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS SURAT UNDANGAN PADA SISWA KELAS V SDN GANUNG KIDUL 1 KECAMATAN NGANJUK KABUPATE NGANJUK


Author (Penulis)

EKO PRASETIYO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0112

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini didasari oleh hasil pengamatan kegiatan pembelajaran di SDN Ganung Kidul 1 terutama pada materi menulis surat. Dari hasil tersebut ditemukan bahwa kemampuan siswa masih berada di bawah KKM. Hal ini disebabkan inovasi model pembelajaran dan penggunaan media dalam pembelajaran belum dilaksanakan secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kemampuan menulis surat undangan resmi sebelum menggunakan model Example Non Example pada siswa kelas V SDN Ganung Kidul 1 Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk. (2) untuk mendeskripsikan kemamapuan menulis surat undangan resmi sesudah menggunakan model example non example (3) untuk menjelaskan pengaruh model Example non Example terhadap kemampuan menulis surat undangan resmi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik eksperimental. Adapun subyek penelitiannya adalah siswa kelas V SDN Ganung Kidul 1. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas V-a dan kelas V-b. Pengumpulan data menggunakan tes tulis dengan analisis data menggunakan uji t-tes. Berdasarkan hasil analis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) kemampuan menulis surat undangan resmi tanpa menggunakan model Example Non Example pada siswa kelas kontrol diktegorikan sedang. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-ratanya yang cenderung rendah, masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM dengan nilai rata-rata kleas 50,42. (2) kemampuan menulis surat undangan pada siswa kelas eksperimen yang pembelajaranya dengan menggunakan model Example Non Example tergolong tinggi. Hal ini dapat dibuktikan dari skor rata-rata kelas di atas KKM dengan 91,90 (3) berdasarkan hasil uji-t diketahui bahwa t_hitung lebih besar dari pada t_tabel yaitu 5,64 > 2,704 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Example Non Example terhadap kemampuan menulis surat undangan resmi. Kata Kunci : model pembelajaran Example Non Example. Keterampilan menulis, surat undangan resmi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI