PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM KEGIATAN MENJELASKAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP KEMAMPUAN MENYEBUTKAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KELAS IV SD


Author (Penulis)

EKA DEVI APRILYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0108

Abstract

Abstrak EKA DEVI APRILIYANI : Pengaruh Model Think Pair Share dengan Media Gambar Dalam Kegiatan Menjelaskan Kegiatan Teknologi Terhadap Kemampuan Menyebutkan Perkembangan Teknologi Siswa Kelas IV SD, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci: model think pair share, media Gambar, kemampuan menyebutkan perkembangan teknologi. Berdasarkan pengalaman dan pengamatan peneliti, sering kali guru mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran karena masih terdapat siswa yang lebih senang bermain (sibuk dengan kegiatannya sendiri) dari pada belajar dan menyimak apa yang sedang di jelaskan oleh guru. Siswa menjadi kurang tertarik pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial,mereka merasa bosan dan menganggap IPS itu pelajaran yang sangat membosankan karena cenderung hanya penjelasan dari guru melalui ceramah dan IPS juga tidak masuk di ujian nasional,bahkan ada anak yang tidak paham terhadap materi tetapi mereka enggan untuk bertanya karena merasa takut. Oleh karena itu perlu adanya penyajian materi yang diharapkan dapat menarik minat siswa,termasuk salah satunya adalah penyajian materi dengan menggunakan model pembelajaran dan media yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kemampuan siswa kelas IV SD dalam menyebutkan perkembangan teknologi sebelum menggunakan model Think Pair Share dengan media gambar. (2) Mengetahui kemampuan siswa kelas IV SD dalam menyebutkan perkembangan teknologi sesudah menggunakan model Think Pair Share dengan media gambar. (3) Untuk membuktikan adanya pengaruh sebelum dan sesudah penggunanan model Think Pair Share dengan media gambar. Dalam Penelitian ini Subjek peneliti ini dilakukan oleh siswa SDN Sukorame 3 dengan jumlah siswa 43. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pre-Eksperimental One-Group pre test dan post test. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Uji T Sample bebas. Setelah dilakukan penelitian dan berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, maka didapat bahwa t-hitung > t-tabel, dengan t-hitung 11,883 dan t-tabel 2,021 sehingga Ho ditolak. Dengan demikian terbukti bahwa “Terdapat pengaruh kegiata pembelajaran dengan menggunakan Model Think Pair Share dengan Media Gamar pada siswa kelas IV SDN Sukoreme 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2014-2015”. Saran dari peneliti yaitu sebagai guru pendidik pergunakanlah model yang dapat menarik minat siswa untuk belajar dan buatlah pembelajaran semenarik mungkin dengan memanfaatkan media yang ada.Dan bagi peneliti berikutnya, sempurnakan penelitian ini agar lebih optimal manfaatnya bagi dunia Pendidikan. Kata Kunci :Model Think Pair Share didukung media gambar, Menyebutkan perkembangan teknologi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI