PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR AND SHARE) DI DUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBEDAKAN CIRI-CIRI LINGKUNGAN SEHAT DAN LINGKUNGAN TIDAK SEHAT KELAS 3 SDN SRENGAT 03 KABUPATEN BLITAR TA. 2015/2016


Author (Penulis)

DWI ANGGO B.
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0093

Abstract

ABSTRAK Dwi Anggo Bahwono: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR ADN SHARE) DI DUKUNG DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBEDAKAN CIRI-CIRI LINGKUNGAN SEHAT DAN LINGKUNGAN TIDAK SEHAT KELAS III SDN SRENGAT 3 TAHUN AJARAN 2015-2016, Skripsi, PGSD, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Kata kunci: model TPS, media gambar, lingkungan sehat dan tidak sehat. Penelitian ini di latar belakangi dari kenyataan di dunia pendidikan walaupun sudah banyak berganti beberapa kurikulum tetapi guru masih menerapkan metode ceramah atau menggunakan pendekatan teaching center yang mana guru menjadi narasumber dari segala pengetahuan yang akan diterima dan diketahui oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan mendiskripsikan ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair and Share) di dukung dengan media gambar (2) untuk mengetahui kemampuan mendiskripsikan ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair and Share) di dukung dengan media gambar (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair and Share) di dukung dengan media gambar terhadap kemampuan mendiskripsikan ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas III SDN Srengat 3 yang berjumlah 46 siswa. Seluruh populasi penelitian dijadikan sebagai sampel penelitian (Teori sample jenuh). Penelitian dengan menggunakan metode eksperimen desain tanpa kelompok pembanding yang dilakukan hanya terdapat satu kelompok dan Instrumen yang digunakan perangkat pembelaran yang di dalamnya terdapat tes. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah rata-rata nilai pretest dari 46 siswa yaitu 60,43 sedangkan hasil dari rata-rata nilai post test 46 siswa yaitu 81,09. Berdasarkan taraf signifikan 5% dan db = N-1. Hasil angka signifikansi (2-tailed) 0.000 berarti lebih kecil dari 0.05 (0.000<0.05) T tabel lebih kecil dari pada T htung (T tabel 1,679 < T hitung 2,4). Sedangkan pada taraf 1% nilai T tabel dan T hitung sama (T tabel 2,4 = T hitung 2,4) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima artinya bahwa ada perbedaan rata-rata antara kedua test (pretest dan posttest) yaitu lebih tinggi nilai posttest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair and Share) di dukung dengan media gambar terhadap kemampuan mendiskripsikan ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat pada siswa kelas III SDN Srengat 3 Kabupaten Blitar tahun ajaran 2015-2016.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI