PENGARUH METODE EKSPERIMEN DIDUKUNG MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS III SDN BRENGGOLO 1 KECAMATAN PLOSOKLATEN KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

DONA KUSUKMA FIBRIANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0091

Abstract

ABSTRAK Dona Kusukma Fibrianti Pengaruh Metode Eksperimen Didukung Media Video Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Bangun Datar Pada Siswa Kelas III SDN Brenggolo 1, Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri tahun ajaran 2014/2015, Skipsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata Kunci :Metode Eksperimen didukung media video, Mengidentifikasi Unsur Bangun Datar Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran Matematika di SD masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan metode pembelajaran yang tepat digunakan yaitu metode Eksperimen. (1) Apakah penggunaan metode eksperimen didukung media video berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur bangun datar pada siswa kelas III-A? (2) Apakah metode eksperimen tanpa didukung media video berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur bangun datar pada siswa kelas III-B? (3) Apakah ada perbedaan pengaruh antara metode eksperimen didukung media video dibanding dengan metode eksperimen tanpa didukung media video terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur bangun datar pada siswa kelas III? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest Control Group Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian yaitu, seluruh siswa kelas III SDN Brenggolo 1, Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas III A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode Eksperimen didukung media video dan III B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode Eksperimen tanpa didukung media video dengan anlisis uji t. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan metode Eksperimen didukung media video sangat berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur bangun datar, hal ini terbukti dari nilai thitung (9,322) > ttabel 1% (2,779) dengan ketuntasan klasikal 88,7%. (2) Penggunaan metode Eksperimen tanpa didukung media video sangat berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur bangun datar, hal ini terbukti dari nilai thitung(7,327) > ttabel 1% (2,779) dengan ketuntasan klasikal 4,82%. (3) Terdapat perbedaan pengaruh sangat signifikan penggunaan metode Eksperimen didukung media videodibanding metode Eksperimen tanpa didukung media video terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur bangun datar pada siswa kelas III SDN Brenggolo 1, Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri. Hal ini terbukti dari nilai thitung (4,363) > ttabel 1% (2,660). Dengan keunggulan pada penggunaan metode Eksperimen didukung media video, hal tersebut terbukti dari nilai rerata post-test pada penggunaan metode Eksperimen didukung media video adalah 83,52 sedangkan nilai rerata post-test pada pengguanan metode Eksperimen tanpa didukung media video adalah 66,48. Dengan demikian 83,52>66,48.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI