PENGARUH MODEL ARTIKULASI DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN CONTOH SEDERHANA PENGARUH GLOBALISASI DI LINGKUNGANNYA PADA SISWA KELAS IV SDS PAWYATAN DAHA KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

DIAN RAHMATIKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0084

Abstract

ABSTRAK Dian Rahmatika: Pengaruh Model Artikulasi Dengan Media Visual terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Contoh Sederhana Pengaruh Globalisasi di Lingkungannya pada Siswa Kelas IV SDS Pawyatan Daha Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015 Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: Model Artikulasi Dengan Media Visual, Mendeskripsikan Contoh Pengaruh Globalisasi Di Lingkungannya. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan pada pembelajaran PKn di kelas IV khususnya materi contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya di SDS Pawyatan Daha. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD masih didominasi oleh metode ceramah (konvensional) dari guru, siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Akibatnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran kurang mendalam, sehingga hasil belajar mereka masih rendah. Dari deskripsi tersebut dirumuskan masalah penelitian: (1) Permasalahan penelitian ini adalah Apakah model Artikulasi dengan media visual berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan pengaruh globalisasi di lingkungan sekitar pada siswa kelas IV SDS Pawyatan Daha kota Kediri? (2) Apakah model Artikulasi media visual berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan pengaruh globalisasi di lingkungannya pada siswa kelas IV SDS Pawyatan Daha kota Kediri? (3) Apakah ada perbedaan pengaruh antara model Artikulasi dengan media visual dengan model Artikulasi tanpa media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya pada siswa kelas IV SDS Pawyatan Daha kota Kediri? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Eksperimental dengan teknik True Experimental (Posttest-Only Control Design). Menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDS Pawyatan Daha kota Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan jenis penilaian tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah 1) penggunaan model Artikulasi didukung media visual berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya, hal ini terbukti dengan tingginya nilai (71,313) > (2,473). 2) penggunaan model Artikulasi tanpa media visual berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya, (57,067) > (2,473) namun dengan ketuntasan belajar 43,6%. 3) ada perbedaan pengaruh penggunaan model Artikulasi dengan media visual dibanding model Artikulasi tanpa media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya dengan keunggulan pada penggunaan model Artikulasi dengan media visual. Hal ini terbukti pada kelompok eksperimen nilai rata-ratanya yaitu 79,44, sedangkan pada kelompok kontrol nilai rata-rata 68,78. Sehingga kelompok eksperimen lebih unggul.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI