PENGARUH MODEL ARTIKULASI DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN CONTOH SEDERHANA PENGARUH GLOBALISASI DI LINGKUNGANNYA PADA SISWA KELAS IV SDS PAWYATAN DAHA KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
DIAN RAHMATIKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0084
Abstract
ABSTRAK
Dian Rahmatika: Pengaruh Model Artikulasi Dengan Media Visual terhadap
Kemampuan Mendeskripsikan Contoh Sederhana Pengaruh Globalisasi di
Lingkungannya pada Siswa Kelas IV SDS Pawyatan Daha Kota Kediri Tahun
Ajaran 2014/2015 Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata kunci: Model Artikulasi Dengan Media Visual, Mendeskripsikan Contoh
Pengaruh Globalisasi Di Lingkungannya.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan pada pembelajaran PKn di
kelas IV khususnya materi contoh sederhana pengaruh globalisasi di
lingkungannya di SDS Pawyatan Daha. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa
pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD masih didominasi oleh metode
ceramah (konvensional) dari guru, siswa kurang aktif dalam pembelajaran.
Akibatnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran kurang mendalam,
sehingga hasil belajar mereka masih rendah. Dari deskripsi tersebut dirumuskan
masalah penelitian: (1) Permasalahan penelitian ini adalah Apakah model
Artikulasi dengan media visual berpengaruh terhadap kemampuan
mendeskripsikan pengaruh globalisasi di lingkungan sekitar pada siswa kelas IV
SDS Pawyatan Daha kota Kediri? (2) Apakah model Artikulasi media visual
berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan pengaruh globalisasi di
lingkungannya pada siswa kelas IV SDS Pawyatan Daha kota Kediri? (3) Apakah
ada perbedaan pengaruh antara model Artikulasi dengan media visual dengan
model Artikulasi tanpa media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan
contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya pada siswa kelas IV SDS
Pawyatan Daha kota Kediri?
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Eksperimental dengan teknik
True Experimental (Posttest-Only Control Design). Menggunakan pendekatan
kuantitatif, dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDS Pawyatan Daha kota
Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan jenis
penilaian tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah 1) penggunaan model Artikulasi
didukung media visual berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan
mendeskripsikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya, hal ini
terbukti dengan tingginya nilai (71,313) > (2,473). 2) penggunaan
model Artikulasi tanpa media visual berpengaruh sangat signifikan terhadap
kemampuan mendeskripsikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di
lingkungannya, (57,067) > (2,473) namun dengan ketuntasan belajar
43,6%. 3) ada perbedaan pengaruh penggunaan model Artikulasi dengan media
visual dibanding model Artikulasi tanpa media visual terhadap kemampuan
mendeskripsikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya dengan
keunggulan pada penggunaan model Artikulasi dengan media visual. Hal ini
terbukti pada kelompok eksperimen nilai rata-ratanya yaitu 79,44, sedangkan pada
kelompok kontrol nilai rata-rata 68,78. Sehingga kelompok eksperimen lebih
unggul.