PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PROSES DAUR AIR DAN KEGIATAN MANUSIA YANG DAPAT MEMPENGARUHINYA SISWA KELAS V SDN TAMANAN KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

DEWI FARIDA AMIRU FAUZI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0071

Abstract

ABSTRAK DEWI FARIDA AMIRU FAUZI : Pengaruh Model Picture And Picture Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Proses Daur Air Dan Kegiatan Manusia Yang Dapat Mempengaruhinya Siswa Kelas V Sdn Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Ajaran 2014-2015, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: model pembelajaran picture and picture, kemampuan mendiskripsikan, proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa mata pelajaran IPA dianggap sangat menjenuhkan karena pada proses pembelajaran cenderung guru yang mendominasi. Mata pelajaran IPA yang seharusnya menyenangkan karena berkaitan dengan lingkungan sekitar menjadi tidak menarik. Hal ini terjadi karena guru pada saat menyampaikan materi tidak menggunakan model pembelajaran dan media pembelajaran. Sedangkan dalam materi IPA dituntut untuk penggunaan model dan media pembelajaran agar pembelajaran menajdi menarik dan menyenangkan sehingga akan menciptakan pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik. Karena jika tidak menggunakan model dan media peserta didik akan cenderung mengabaikan materi yang disampaikan. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki 3 rumusan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and picturte terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek kelas V A dengan jumlah 20 siswa diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelas V B dengan jumlah 20 siswa diajar menggunakan model pembelajaran Picture and Picture. Parameter yang diukur adalah hasil belajar kognitif dan ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar kognitif yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 73.25, sedangkan yang diajar menggunakan model pembelajaran Picture and Picture adalah 83.50. Analisis data dalam penelitian ini menyatakan bahwa dari hasil annalis one sample t test diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka “Ho ditolak dan Ha diterima”. Sedangkan pada pengujian hipotesis diperoleh taraf signifikan 1%=2,861, 5%=2,093 dan t hitung yang bernilai 36,644 sehingga dinyatakan bahwa “Ha diterima dan Ho ditolak”. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI