PENGARUH MEDIA PAPAN LEMBAR BALIK DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN PADA SISWA KELAS III SDI AL FIRDAUS TAHUN 2015/2016


Author (Penulis)

DEWI ANDARYUNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0069

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil penelitian ini, hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di lapangan tidak sesuai dengan harapan, karena pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sangat membosankan, kurang menarik, guru masih menggunakan metode ceramah dan penugasan. Ini menyebabkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa relatif rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh papan lembar balik dengan menggunakan Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan menceritakan ligkungan alam dan buatan. Teknik yang digunakan Posttest Only Control Desaign dengan subyek penelitian siswa kelas III A SDI Al Firdaus diajar menggunakan model Contextual Teaching and Learning saja dan kelas III B diajar menggunakan model Contextual Teaching and Learning dengan media papan lembar balik. Parameter yang diamati adalah kemampuan menceritakan lingkungan alam dan buatan yang diukur dengan rubrik penilaian. Kemampuan menceritakan siswa kelas III B yang diajar menggunakan model Contextual Teaching and Learning dengan media papan lembar balik adalah 83,89 lebih tinggi dari pada siswa kelas III A yang diajar menggunakan model Contextual Teaching and saja yaitu 75,12. Kata Kunci : Papan lembar balik, Contextual Teaching and Learning, Kemampuan menceritakan lingkungan alam dan buatan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI