PENGARUH MEDIA PAPAN LEMBAR BALIK DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN PADA SISWA KELAS III SDI AL FIRDAUS TAHUN 2015/2016
Author (Penulis)
DEWI ANDARYUNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0069
Abstract
ABSTRAK
Berdasarkan hasil penelitian ini, hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di lapangan tidak
sesuai dengan harapan, karena pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sangat membosankan, kurang
menarik, guru masih menggunakan metode ceramah dan penugasan. Ini menyebabkan hasil belajar
Ilmu Pengetahuan Sosial siswa relatif rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
papan lembar balik dengan menggunakan Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan
menceritakan ligkungan alam dan buatan. Teknik yang digunakan Posttest Only Control Desaign
dengan subyek penelitian siswa kelas III A SDI Al Firdaus diajar menggunakan model Contextual
Teaching and Learning saja dan kelas III B diajar menggunakan model Contextual Teaching and
Learning dengan media papan lembar balik. Parameter yang diamati adalah kemampuan menceritakan
lingkungan alam dan buatan yang diukur dengan rubrik penilaian. Kemampuan menceritakan siswa
kelas III B yang diajar menggunakan model Contextual Teaching and Learning dengan media papan
lembar balik adalah 83,89 lebih tinggi dari pada siswa kelas III A yang diajar menggunakan model
Contextual Teaching and saja yaitu 75,12.
Kata Kunci : Papan lembar balik, Contextual Teaching and Learning, Kemampuan menceritakan
lingkungan alam dan buatan.