PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL CHART DALAM STRATEGI MATRIKS INGATAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGELOMPOKKAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR


Author (Penulis)

DESTIYAN ENDAH SRI REJEKI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0063

Abstract

ABSTRAK Destiyan Endah Sri Rejeki : Pengaruh Penggunaan Media Visual Chart dalam Strategi Matriks Ingatan Terhadap Kemampuan Mengelompokkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, Skripsi, PGSD, FKIP, UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : media visual chart, strategi matriks ingatan. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dilapangan, menunjukan bahwa pembelajaran IPA khususnya pada materi mengelompokkan hewan di kelas IV, di SDN Pulerejo II belum mendapatkan hasil yang maksimal. Hal ini dikarenakan penggunaan metode ceramah yang tidak variatif sering dilaksanakan dalam setiap pembelajaran sehingga aktivitas pembelajaran selalu didominasi oleh guru. Selain itu, langkanya penggunaan / pemanfaatan alat-alat penunjang pembelajaran IPA seperti media dan strategi pembelajaran menyebabkan siswa hanya menjadi pendengar, penulis ringkasan atau pencatat materi yang ada pada buku sumber. Hal ini menimbulkan materi yang disampaikan sulit untuk dipahami dan kurang menarik bagi siswa. Untuk itu dibutuhkan Strategi Matriks Ingatan dengan media visual chart yang sesuai dengan materi pembelajaran tersebut agar siswa menjadi lebih aktif dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Berdasarkan latarbelakang tersebut, permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mengelompokkan hewan berdasarkan jenis makanannya tanpa menggunakan media visual chart dalam strategi matriks ingatan siswa kelas IV SDN Pulerejo II? (2) Bagaimana kemampuan mengelompokkan hewan berdasarkan jenis makanannya dengan menggunakan media visual chart dalam strategi matriks ingatan siswa kelas IV SDN Pulerejo II? (3) Adakah pengaruh penggunaan media visual chart dalam strategi matriks ingatan terhadap kemampuan mengelompokkan hewan berdasarkan jenis makanannya siswa kelas IV SDN Pulerejo II? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen, yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IVa dan IVb SDN Pulerejo II. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan instrumennya berupa soal isian. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan SPSS versi 17 dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan nilai t-hitung (4,864) > t-tabel (2,013) dan nilai rata-rata kelas kontrol (62,74) < 70 (KKM). Artinya ada pengaruh penggunaan media visual chart dalam strategi matriks ingatan terhadap kemampuan mengelompokkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Pulerejo II. Simpulan hasil penelitian ini adalah : (1) kemampuan siswa pada kelas kontrol dalam mengelompokkan hewan berdasarkan jenis makanannya tanpa menggunakan media visual chart dalam strategi matriks ingatan pada siswa kelas IV SDN Pulerejo II dinyatakan tidak/kurang mampu; (2) kemampuan siswa pada kelas eksperimen dalam mengelompokkan hewan berdasarkan jenis makanannya setelah menggunakan media visual chart dalam strategi matriks ingatan pada siswa kelas IV SDN dinyatakan mampu/berhasil; dan (3) ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan media visual chart dalam strategi matriks Ingatan terhadap kemampuan mengelompokkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Pulerejo II.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI