PENGARUH MODEL STAD DENGAN MEDIA PALIBER TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI CARA MANUSIA DALAM MEMELIHARA DAN MELESTARIKAN ALAM PADA SISWA KELAS III SDN TAMANAN KOTA KEDIRITAHUN 2014/2015


Author (Penulis)

DEFI MARTASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0056

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh peran guru. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang ada akhirnya hasil belajarpun juga rendah. Permasalahan peneliti ini adalah (1) Bagaimana kemampuan siswa tentang materi mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam sebelum menggunakan model STAD tanpa media PALIBER? (2) Bagaimana kemampuan siswa tentang materi mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam setelah menggunakan model STAD dengan media PALIBER? (3) Seberapa signifikan pengaruh media PALIBER dalam model STAD didukung terhadap kemampuan mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas III SDN Tamanan Kota Kediri.Penelitian dilaksanakan dengan dua kali pertemuan dengan menggunakan instrumen berupa RPP dan tes tertulis. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) sebelum menggunakan model STAD dengan media PALIBER kemampuan siswa dalam mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam masih rendah. Hal ini bisa dilihat dari nilai rata-rata siswa diawah KKM.(2) setelah menggunakan model STAD dengan media PALIBER kemampuan siswa dalam mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam mengalami peningkatan.Hal ini bisa dilihat dari nilai rata-rata siswa diatas KKM. (3) ada pengaruh penggunaan model STAD dengan media PALIBER terhadap kemampuan mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam. Hal ini bisa dilihat berdasarkan penghitungan nilai t hitung ? t table yaitu 15,223 < 2,026. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini di rekomendasikan: (1) seorang guru harus tepat dalam memilih model pembelajaran dan membuat media pembelajaran yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. (2) model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi yang diajarkan maka suasana belajar yang menyenangkan, yang menarik bagi siwa dapat tercipta sehingga minat siswa dalam belajarpun bisa meningkat. Kata kunci: STAD, PALIBER, Mengidentifikasi, Cara Manusia Dalam Memelihara Dan Melestarikan Alam.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI