PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MENGGOLONGKAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA SISWA KELAS IV SDN JARAK II TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

DEA ANGGRAIENIE
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0054

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman, bahwa penggunaan model pembelajaran yang bervariatif oleh guru terutama pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di sekolah dasar masih sangat rendah. Proses pembelajaran masih didominasi oleh peran guru. Guru belum menggunakan model pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi pembelajaran. Kondisi ini mengakibatkan banyak siswa yang merasa jenuh, bosan dan malas mengikuti pelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini terdapat 3 rumusan masalah yaitu sebagai berikut: (1) Bagaimanakah kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya siswa kelas IV SDN Jarak II sebelum menggunakan model Make a Match? (2) Bagaimanakah kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya siswa kelas IV SDN Jarak II setelah menggunakan model Make a Match? (3) Adakah pengaruh model Make a Match terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya siswa kelas IV SDN Jarak II? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Jarak II. Teknik penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes, sedangkan instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda. Teknis analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai rata-rata 79,09 > 75 (KKM). Artinya ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Make a Match terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya siswa kelas IV SDN Jarak II Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Hasil penelitian terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya sebelum menggunakan model Make a Match siswa kelas IV SDN Jarak II Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, dinyatakan kurang menguasai. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata siswa kurang dari 75 yaitu 67,04. Sedangkan kemampuan kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya setelah menggunakan model Make a Match siswa kelas IV SDN Jarak II Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, dinyatakan menguasai atau berhasil. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata lebih dari 75 yaitu 79,09. Dengan demikian, ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Make a Match terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya siswa kelas IV SDN Jarak II Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Kata Kunci : Make a Match, menggolongkan jenis hewan berdasarkan jenis makanannya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI