PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING AND LEARNING DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN GERAK BENDA SISWA KELAS I SDI AL FIRDAUS TAHUN 2015/2016
Author (Penulis)
BINTI SHOFIATUL MARIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0047
Abstract
Binti Shofiatul Mariana. 2015. Pengaruh Model Quantum Teaching and Learning Didukung Media Gambar Terhadap Kemampuan Menjelaskan Gerak Benda Siswa Kelas I SDI Al Firdaus Tahun 2015/2016, Skripsi, Jurusan S1 PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sugiono, M.M, (II) Dr. Andri Pitoyo, M.Pd.
Kata Kunci : Model Quantum Teaching and Learning, Media Gambar, Menjelaskan Gerak Benda.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti di SDI Al Firdaus, bahwa guru di SDI Al Firdaus masih belum mengembangkan model dan media pembelajaran. Hal ini dibuktikan masih didominasinya model teacher centre dan metode ceramah sehingga aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran tampak pasif dan kurang antusias, kurang menarik, membosankan, kurang kreatif dan belum ada kerjasama dalam mencari solusi terhadap masalah-masalah yang ditemukan.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Kemampuan menjelaskan gerak benda sebelum menggunakan model Quantum Teaching and Learning didukung media gambar pada siswa kelas I SDI Al Firdaus Tahun 2015/2016 (2) Kemampuan menjelaskan gerak benda setelah menggunakan model Quantum Teaching and Learning didukung media gambar pada siswa kelas I SDI Al Firdaus Tahun 2015/2016 (3) Model Quantum Teaching and Learning didukung media gambar mempunyai pengaruh terhadap kemampuan menjelaskan gerak benda pada siswa kelas I SDI Al Firdaus Tahun 2015/2016
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Kuantitatif dengan rancangan Penelitian Eksperiment dengan desain One-Group Pretest-Postest sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, berupa tes pilihan ganda sebanyak 10 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan, nilai rata-rata sebelum (Pretest) menggunakan model adalah 56.63 dan sesudah (Postest ) menggunakan model adalah 90.81. Dengan demikian Model Quantum Teaching and Learning dan Media Gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa menjelaskan gerak benda. Berdasarkan nilai rata-rata yang didapat dari Pretest dan Postest ternyata mendapatkan nilai rata-rata lebih tinggi dari hasil Postest. Selain itu dari hasil analisis uji-t dengan menggunakan Independent t test didapat sig.2-tailed 0,000, maka 0,00 < 0,05 sehingga Ho ditolak. Berdasarkan data yang dikumpulkan bahwa ada pengaruh penerapan Model Quantum Teaching and Learning dan Media Gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa menjelaskan gerak benda. Hal ini terbukti dari hasil nilai Postest lebih tinggi dari nilai Pretest.