PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PBI (PROBLEM BASED INTRODUCTION) DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN KONDISI LINGKUNGAN SEHAT DAN TIDAK SEHAT PADA SISWA KELAS III SDN SIDOMULYO PURWOASRI TAHUN 2015/2016


Author (Penulis)

ARIES ROHMA ROMADHON
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0028

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dari kenyataan di dunia pendidikan walaupun sudah banyak berganti beberapa kurikulum tetapi guru masih menerapkan metode ceramah atau menggunakan pendekatan teaching center yang mana guru menjadi narasumber dari segala pengetahuan yang akan diterima dan diketahui oleh siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan lingkungan sehat dan tidak sehat sebelum menggunakan model PBI dengan media visual pada siswa kelas III SDN Sidomulyo? (2) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan lingkungan sehat dan tidak sehat sesudah menggunakan model PBI dengan media visual pada siswa kelas III SDN Sidomulyo? (3) Adakah pengaruh penggunaan model PBI terhadap kemampuan mendeskripsikan lingkungan sehat dan tidak sehat pada siswa kelas III SDN Sidomulyo? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan bentuk one-group pretest-posttest. Subjek penelitian ini 30 siswa dengan rincian jumlah siswa laki-laki 14 siswa dan perempuan 16 siswa. Instrumen penelitian berupa tes tulis yaitu dalam bentuk pilahan ganda 20 soal. Validitas tes dihitung dengan menggunakan rumus pearson product moment dikatakan valid apabila rhitung > rtabel, dengan rtabel = 0,456. Kofesiensi realibilitas tes = 0,902 ini dihitung dengan menggunakan rumus K-R.21 (Kuder – Richardson). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu dengan uji-t, pada taraf signifikan dan derajat kebebasan (db) = 29. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan terhadap model PBI dengan media visual terhadap (1) Kemampuan mendeskripsikan lingkungan sehat dan tidak sehat sebelum menggunakan model PBI dengan media visual dengan hasil tes yang lebih rendah dengan nilai rata-rata 74,17. (2) Kemampuan mendeskripsikan lingkungan sehat dan tidak sehat sesudah menggunakan model PBI dengan media visual memiliki hasil tes yang lebih tinggi dengan nilai rata-rata 88,17. (3) Ada pengaruh yang sangat signifikan dalam penggunaan model PBI dengan media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan sehat dan lingkungan tidak sehat kelas III SDN Sidomulyo Purwoasri Tahun Ajaran 2015-2016. Hal ini diketahui berdasarkan perolehan darit_hitung(5,50) >t_tabel(2,045) dengan taraf signifikan 5% maka Ho ditolak. Sehingga Ha diterima

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI