PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN HUBUNGAN ANTARA SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SDN TAMANAN KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
AINUN AZHAR
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0009
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD masih didominasi oleh model pembelajaran ceramah (konvensional) dari guru serta tanpa media, siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Akibatnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran kurang mendalam, sehingga hasil belajar mereka cenderung masih rendah.
Penelitian dilakukan pada dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa perangkat pembelajaran dan tes hasil belajar siswa.
Pada penelitian ini model yang digunakan adalah Model Think Pair Share dengan media gambar yang berguna untuk mengumpulkan data berupa kemampuan menjelaskan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan yaitu menggunakan tes tulis. SDN Tamanan Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015.
Kata Kunci : Pembelajaran Model Think Pair Share Terhadap Kemampuan Menjelaskan