PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN HUBUNGAN ANTARA SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SDN TAMANAN KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

AINUN AZHAR
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0009

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD masih didominasi oleh model pembelajaran ceramah (konvensional) dari guru serta tanpa media, siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Akibatnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran kurang mendalam, sehingga hasil belajar mereka cenderung masih rendah. Penelitian dilakukan pada dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa perangkat pembelajaran dan tes hasil belajar siswa. Pada penelitian ini model yang digunakan adalah Model Think Pair Share dengan media gambar yang berguna untuk mengumpulkan data berupa kemampuan menjelaskan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan yaitu menggunakan tes tulis. SDN Tamanan Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Kata Kunci : Pembelajaran Model Think Pair Share Terhadap Kemampuan Menjelaskan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI