PENGARUH METODE PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLAVOLI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TULAKAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

TRI SANDI ADI PANGESTU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.1351

Abstract

Tri Sandi Adi Pangestu. Pengaruh Metode Pembelajaran Langsung Dan Tidak Langsung Terhadap Hasil Belajar Passing Atas Bolavoli Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tulakan Tahun Pembelajaran 2014/2015, Skripsi, Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: metode langsung dan tidak langsung, passing atas bola voli. Penelitian ini dilatarbelakangi siswa SMP Negeri 1 Tulakan kelas VIII belum diketahui pengaruh metode pembelajaran langsung dan tidak langsung terhadap hasil belajar passing atas bolavoli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tulakan Kabupaten Pacitan tahun pembelajaran 2014/2015. Permasalahan penelitian ini adalah: apakah ada pengaruh metode pembelajaran langsung dan tidak langsung terhadap hasil belajar passing atas bolavoli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tulakan Kabupaten Pacitan tahun pembelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah: mengetahui pengaruh metode pembelajaran langsung dan tidak langsung terhadap hasil belajar passing atas bolavoli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tulakan Kabupaten Pacitan tahun pembelajaran 2014/2015. Desain penelitian ini adalah Pre Eksperimen Design dengan jenis One Gruop pre test and post test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tulakan yang berjumlah 201 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah random atau acak, di mana yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas VIII berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes passing atas bola voli dan dinyatakan valid dan reliabel dengan koefisien reliabilitas 0,86. Teknik analisis data instrumen menggunakan rumus product dan cronbach alpha serta uji-t melalui prasyarat normalitas, homogenitas dan linearitas. Analisis data menggunakan bantuan komputer program SPSS 17.0 for Windows. Tingkat signifikansi yang digunakan adalah 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum perlakuaan menggunakan metode demonstrasi skor pre-test VIII SMP Negeri 1 Tulakan tahun pembelajaran 2014/2015 adalah sedang, yaitu berada pada konversi interval 56.32 ? X < 59.98. Setelah perlakuan menggunakan metode demonstrasi skor post test adalah sedang, yaitu berada pada konversi interval 74.13 ? X < 80.37, namun ada peningkatan skor. Dari uji-t diperoleh Thitung sebesar -17.231dan Ttabel taraf signifikan 5% (N = 30) sebesar 1,697. Tingkat passing atas bola voli positif siswa sebelum dan setelah perlakuan menggunakan metode langsung dan tidak langsung adalah berbeda dan mengalami peningkatan yang signifikan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI