PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR OLAHRAGA LEMPAR LEMBING MELALUI PENERAPAN LEMPAR ROKET PADA SISWA KELAS V MI AL AZHAR GEMBONGAN PONGGOK BLITAR TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

ahmad mubarok
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.1060

Abstract

PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR OLAHRAGA LEMPAR LEMBING MELALUI PENERAPAN LEMPAR ROKET PADA SISWA KELAS V MI AL AZHAR GEMBONGAN PONGGOK BLITAR TAHUN AJARAN 2015/2016 SKRIPSI Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) Pada Jurusan PENJASKESREK Oleh : AHMAD MUBAROK NPM: 11.1.01.09.1060 FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI UNP KEDIRI 2016 PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR OLAHRAGA LEMPAR LEMBING MELALUI PENERAPAN LEMPAR ROKET PADA SISWA KELAS V MI AL AZHAR GEMBONGAN PONGGOK BLITAR TAHUN AJARAN 2015/2016 AHMAD MUBAROK NPM: 11.1.01.09.1060 Dosen Pembimbing I : Ruruh Andayani Bekti, M.Pd Dosen Pembimbing II : Abdian Asgi Sukmana, M.Or Abstrak Kata kunci: motivasi, prestasi belajar, lempar lembing, lempar roket Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran lempar lembing di SD/MI masih menggunakan model pembelajaran yang serta sarana prasarana pembelajaran. Akibatnya suasana kegiatan belajar mengajar menjadi monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya prestasi belajarnya pun juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan lempar roket dapat meningkatkan motivasi belajar siswa? (2) Apakah penerapan lempar roket dapat meningkatkan prestasi belajar siswa? (3) Sejauh mana efektivitas penerapan lempar roket dapat meningkatkan prestasi belajar siswa?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas V MI Al Azhar Gembongan Ponggok Blitar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrumen berupa RPP, angket motivasi belajar terhadap model pembelajaran lempar roket, lembar hasil prestasi lempar lembing terhadap model pembelajaran lempar roket, lembar pengamatan secara klasikal model pembelajaran lempar roket. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan penerapan modifikasi lempar roket sangat efektif dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar olahraga lempar lembing. (2) Melalui siklus tindakan penerapan modifikasi lempar roket dapat meningkatkan motivasi belajar olahraga lempar lembing (3) Melalui siklus tindakan penerapan modifikasi lempar roket dapat meningkatkan prestasi belajar olahraga lempar lembing. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok dari penerapan lempar roket pada olahraga lempar lembing adalah untuk mengembangkan motivasi dan prestasi siswa, karena terbukti sangat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuannya. (2) Guru masih harus banyak melakukan penelitian tindakan kelas sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa. Salah satu penyebab kurang berhasilnya suatu pembelajaran adalah rendahnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran tersebut. Demikian pula pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan cabang atletik nomor lempar lembing, salah satu penyebabnya adalah rendahnya motivasi siswa sehingga suasana pembejaran terkesan jenuh, bosan dan pada akhirnya siswa merasa kurang senang terhadap pembelajaran yang dihadapinya. Menurut pengamatan penulis selama mengajar di MI Al Azhar Gembongan Ponggok Blitar penyebab rendahnya prestasi belajar siswa antara lain kurang kreatifnya guru Pendidikan jasmani di sekolah dalam membuat dan mengembangkan media pembelajaran sederhana, guru miskin akan model-model pembelajaran, sehingga dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dilaksanakan dalam situasi dan kondisi yang monoton, guru hanya menggunakan metode ceramah dan metode tugas, karena mereka hanya mengejar bagaimana materi pelajaran tersebut dapat selesai tepat waktu, tanpa memikirkan bagaimana pembelajaran itu bermakna dan dapat diaplikasikan oleh siswa dalam kesehariannya. Di lain pihak hasil pengamatan penulis di kelas V MI Al Azhar Gembongan Ponggok menunjukan proses pembelajaran belum melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan belajar dan pembelajaran. Proses belajar mengajar hanya didominasi oleh beberapa siswa saja, hal ini menunjukan kurang efektifnya suatu metode dalam proses belajar dan pembelajaran yang diterapkan oleh guru dan kurangnya tingkat partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Akibatnya hanya sebagian siswa saja yang secara aktif mengikuti proses pembelajaran, sedangkan beberapa siswa masih asyik bercanda, ngobrol dengan teman, atau bermain sendiri dilapangan tanpa menghiraukan apa yang dijelaskan oleh guru. Dari pengamatan yang dilakukan oleh penulis, dari 23 siswa menunjukan bahwa 40,62% siswa yang memperhatikan pelajaran, 31,25% siswa yang tidak serius mengikuti pelajaran, 28,12% siswa yang tidak fokus terhadap pelajaran. Kurangnya partisipasi siswa dalam mengikuti pelajaran akan menurunkan tingkat keberhasilan siswa dalam belajar oleh karena itu diperlukan suatu tindakan yang mampu melibatkan partisipasi siswa dan sekaligus dapat digunakan untuk mempermudah siswa dalam mengikuti proses pembelajaran demi tercapainya tujuan pembelajaran yang direncanakan B. Identifikasi masalah Adapun permasalahan yang muncul dilapangan adalah sebagai berikut : 1. Kurangnya motivasi belajar siswa sehingga mereka mengikuti pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan hanya sekedar ikut dan memperoleh nilai. 2. Kurangnya prestasi belajar siswa sehingga proses pembelajaran yang berlangsung di kelas V MI Al Azhar Gembongan Ponggok belum mencapai hasil yang optimal. 3. Proses pembelajaran yang berlangsung di kelas V MI Al Azhar Gembongan Ponggok. belum mencapai hasil yang optimal. 4. Kurangnya sarana dan prasarana yang menunjang pelaksanaan proses pembelajaran khususnya di kelas V MI Al Azhar Gembongan Ponggok. 5. Kurang kreatifnya guru Pendidikan jasmani dalam membuat dan mengembangkan media pembelajaran sederhana di dalam proses pembelajaran khususnya di kelas V MI Al Azhar Gembongan Ponggok. 6. Media pembelajaran modifikasi berupa lempar roket apakah bisa meningkatkan motivasi belajar olahraga lempar lembing pada siswa kelas V MI Al Azhar Gembongan Ponggok Blitar Tahun Ajaran 2015/2016. 7. Media pembelajaran modifikasi berupa lempar roket apakah bisa meningkatkan prestasi belajar olahraga lempar lembing pada siswa kelas V MI Al Azhar Gembongan Ponggok Blitar Tahun Ajaran 2015/2016. C. Pembatasan Masalah Adapun batasan masalah dalam penelitian adalah: 1. Penelitian ini hanya menitikberatkan pada penerapan lempar roket sebagai media modifikasi sarana lempar lembing pada pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. 2. Penelitian ini hanya menitikberatkan pada penerapan lempar roket sebagai media modifikasi sarana lempar lembing pada pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar lempar lembing. D. Perumusan dan Pemecahan Masalah Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, peneliti dapat merumuskan masalah sebagai berikut : 1. Apakah penerapan lempar roket dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas V MI Al Azhar Gembongan Ponggok Blitar? 2. Apakah penerapan lempar roket dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V MI Al Azhar Gembongan Ponggok Blitar melalui penerapan lempar roket? 3. Sejauh mana efektivitas penerapan lempar roket dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V MI Al Azhar Gembongan Ponggok Blitar melalui penerapan lempar roket? Upaya yang dapat dilakukan guna mencari solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalahan tersebut antara lain : 1. Menggunakan metode pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan. 2. Setelah itu dilanjutkan dengan analisis gerak dan pengukuran hasil prestasi lempar roket. 3. Diakhiri dengan melakukan evaluasi terhadap gerakan yang telah berhasil ditemukannya. Indikator-indikator keberhasilan tindakan untuk pemecahan masalah tersebut antara lain: 1. Siswa dapat memahami gerakan dalam olahraga lempar lembing. 2. Siswa lebih senang dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. E. Tujuan Penelitian Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1. Mengetahui peningkatan motivasi belajar olahraga lempar lembing pada siswa yang diajar dengan penerapan lempar roket dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. 2. Mengetahui peningkatan prestasi belajar olahraga lempar lembing pada siswa yang diajar dengan penerapan lempar roket dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. 3. Mengetahui sejauh mana efektivitas penerapan lempar roket dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada olahraga lempar lembing. F. Kegunaan Penelitian Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi berbagai pihak yaitu: 1. Guru Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mencoba menerapkan sarana pembelajaran sebagai inovasi baru dalam proses pembelajaran. 2. Siswa Dengan banyaknya penerapan sarana pembelajaran maka mereka mendapatkan banyak variasi dalam pembelajaran. Selain itu siswa dapat belajar menggunakan alat yang menyenangkan. 3. Sekolah Hasil penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan sekolah untuk mengembangkan penerapan modifikasi sarana pembelajaran. G. Hipotesis Tindakan Berdasarkan kerangka teori diatas maka hipotesis tindakan penelitian ini sebagai berikut : 1. ”Dengan penerapan lempar roket dapat meningkatkan motivasi belajar olahraga lempar lembing pada siswa kelas V MI Al Azhar Gembongan Ponggok Blitar Tahun Ajaran 2015/2016 ” 2. ”Dengan penerapan lempar roket dapat meningkatkan prestasi belajar olahraga lempar lembing pada siswa kelas V MI Al Azhar Gembongan Ponggok Blitar Tahun Ajaran 2015/2016 ” 3. ”Dengan penerapan lempar roket lebih efektif meningkatkan motivasi dan prestasi belajar olahraga lempar lembing pada siswa kelas V MI Al Azhar Gembongan Ponggok Blitar Tahun Ajaran 2015/2016 ” C. Kerangka Berpikir 1. Penerapan lempar roket dapat meningkatkan motivasi belajar olahraga lempar lembing siswa kelas V MI Al Azhar Gembongan Ponggok Blitar Tahun Ajaran 2015/2016. 2. Penerapan lempar roket dapat meningkatkan prestasi belajar olahraga lempar lembing siswa kelas V MI Al Azhar Gembongan Ponggok Blitar Tahun Ajaran 2015/2016. 3. Efektivitas penerapan lempar roket dapat meningkatkan motivasi dan prestaasi belajar olahraga lempar lembing siswa kelas V MI Al Azhar Gembongan Ponggok Blitar Tahun Ajaran 2015/2016. B. Prosedur Penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) beralur dua siklus yang dilakukan pada minggu kedua dan ketiga bulan Agustus 2015. Pembahasan dan Pengambilan Keputusan Perbandingan prosentase hasil jawaban atas pertanyaan melalui angket pada siklus pertama dan kedua sebagai berikut : Dari hasil jawaban pertanyaan melalui angket, menunjukkan peningkatan jumlah siswa yang merasa setuju/ senang antara siklus pertama dan siklus kedua dengan prosentase yang merasa senang 74% menjadi 83% sedangkan jumlah siswa yang merasa tidak setuju/ tidak senang menunjukkan penurunan dengan prosentase 26% menjadi 17%. Simpulan Dalam penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus ini, dan dari hasil pembahasan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : 1. Pembelajaran dengan modifikasi lempar roket dapat meningkatkan motivasi belajar lempar lembing. 2. Pembelajaran dengan modifikasi lempar roket dapat meningkatkan prestasi belajar lempar lembing. 3. Siswa yang menyatakan setuju/ termotivasi dengan modifikasi lempar roket dalam penjasorkes materi lempar lembing yaitu sebesar : pada siklus pertama : 74 % dan siklus kedua : 83 %. A. Saran 1. Penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu langkah alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar lempar lembing di MI AL Azhar Gembongan khususnya dan sekolah lain pada umumnya. 2. Penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu langkah alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar lempar lembing di MI Al Azhar Gembongan khususnya dan sekolah lain pada umumnya. 3. Perlu adanya sosialisasi penerapan modifikasi lempar roket dalam pembelajaran lempar lembing. DAFTAR PUSTAKA Achmad, A. 2007. Membangun Motivasi Belajar Siswa, (Online), tersedia: http://re-searchengines.com/1007arief4.html., diunduh 12 Januari 2012 Carr, Gerry A. 2003. Atletik Untuk Sekolah, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Depdiknas, 2004, Undang-Undang R.I Tahun 2004 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta : Depdiknas Hansdar.2011. (Online), tesedia: http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2186790-jenis-jenis-prestasi-belajar/#ixzz1llJJDiLY., diunduh 08 Pebruari 2012 Jarver Jass. 2008. Belajar dan Berlatih Atletik, Bandung: CV Pionir Jaya http://aadesanjaya.blogspot.com/2011/02/prestasi-belajar.html., diunduh 12 Januari 2012 http://tentangkomputerkita.blogspot.com/2010/05/jenis-jenis-motivasi.html., diunduh 12 Januari 2012 http://blog-atletik.blogspot.com/2011/05/lempar-lembing.htm., diunduh 08 Pebruari 2012

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI