Upaya Meningkatkan Efektivitas Belajar Lempar Cakram Dengan Menggunakan Modifikasi Media Karet Ban Bagi Siswa Kelas VI SD Islam Babussalam Durenan Kabupaten Trenggalek


Author (Penulis)

Hero Sentosa
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.0221

Abstract

UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR LEMPAR CAKRAM DENGAN MENGGUNAKAN MODIFIKASI MEDIA KARET BAN BAGI SISWA KELAS VI SD ISLAM BABUSSALAM DURENAN TAHUN 2016/2017 Hero Sentosa 11.1.01.09.0221 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan– PENJASKESREK budiono_alim@yahoo.com Wasis Himawanto, M.Or dan Drs. Slamet Junaidi, M.Pd. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Hero Sentosa: Upaya Meningkatkan Efektivitas Belajar Lempar Cakram dengan Menggunakan Modifikasi Karet Ban Bagi Siswa Kelas VI SD Islam Babussalam Durenan Kabupaten Trenggalek, Skripsi, Penjaskesrek, FKIP UNP Kediri, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya masalah keterbatasan alat/media yang dimiliki sekolah serta efektivitas pembelajaran lempar cakram yang belum efektif.. Tujuan pelaksanaan penelitian ini untuk meningkatkan efektivitas belajar lempar cakram siswa dengan media karet ban. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus terdiri atas empat tahap yaitu,perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Islam Babussalam Durenan Kabupaten Trenggalek sejumlah 19 siswa. Tehnik analisis data secara deskrptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada tes Pra Siklus seluruh siswa belum tuntas belajar, dengan prosentase 10,53% kategori kurang dan 89,47% kategori sangat kurang. Pada Siklus I, prosentase 21,05% kategori sangat baik, prosentase 26,32% kategori baik, prosentase 36,84% kategori cukup baik, dan prosentase 15,79% prosentase cukup. Selanjutnya pada tindakan perbaikan hasil belajar pada siklus II diperoleh prosentase 36,84% kategori sangat baik, prosentase 47,37% kategori baik, prosentase 10,53% kategori cukup baik, dan prosentase 5,26% prosentase cukup. Berdasar ketuntasan belajar, pada siklus I diperoleh belum tuntas belajar 52,63% dan tuntas belajar 47.37%. Pada siklus II terdapat kenaikan yaitu 84,21% telah tuntas belajar, dan sisanya 15,79% belum tuntas belajar. Berdasar hasil rerata tersebut maka pada siklus I ke Siklus II terdapat kenaikan 36,84%. Dengan demikian maka dapat dikatakan penelitian berhasil karena ada kenaikan prosentase menurut indikator yang ditentukan yaitu KKM ? 75 atau nilai prosentase di atas 75%. Kata Kunci : efektivitas, belajar, lempar cakram, modifikasi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI