KETEPATAN PENGGUNAAN BAHASA PADA BUKU TEKS “BAHASA INDONESIA EKSPRESI DIRI DAN AKADEMIK SMA KELAS XI” KURIKULUM 2013


Author (Penulis)

SRI LESTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.07.0103

Abstract

ABSTRAK SRI ESTARI 11.1.01.07.0103. Ketepatan Penggunaan Bahasa pada Buku Teks “Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik SMA Kelas XI” Kurikulum 2013. Skripsi bidang kebahasaan. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri. Kata Kunci : Ketepatan Penggunaan Kalimat Tanya Penelitian ini memfokuskan permasalahan ketepatan penggunaan kalimat tanya pada buku teks “Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik SMA Kelas XI. Tujuan penelitian secara umum untuk mendeskripsikan ketepatan penggunaan kalimat tanya pada buku teks “Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik SMA Kelas XI. Tujuan penelitian secara khusus (1) mendeskripsikan jenis kalimat tanya apa sajakah yang dipakai pada buku teks “Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik SMA kelas XI” Kurikulum 2013, (2) mendeskripsikan bagaimanakah diksi pada kalimat tanya buku teks “Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik SMA kelas XI” Kurikulum 2013, (3) mendiskripsikan bagaimanakah penerapan EYD pada kalimat tanya buku teks “Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik SMA kelas XI” Kurikulum 2013. Dan hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi (1) Siswa kelas XI agar mampu memahami gagasan kalimat pertanyaan yang ada pada buku teks sehingga siswa dengan mudah menjawab pertanyaan dalam buku teks, (2) Penelitian ini dapat berguna bagi guru saat proses belajar mengajar berlangsung dan guru mampu memahami gagasan dari kalimat pertanyaan yang ada pada buku teks, (3) untuk menambah pengalaman, pengetahuan peneliti serta dapat membagikan dan menerapkan ilmu selama belajar di perguruan tinggi, (4) dapat memberikan gambaran tentang penelitian kualitatif serta menambah wawasan bagi pembaca. Penelitian ini mengacu pada komposisi penggunaan bahasa. Penelitian ini terdapat teori-teori dari beberapa ahli yang dijadikan sebagai referensi. Teori tersebut antara lain (1) Jenis Kalimat Tanya, (2) Diksi, (3) EYD ( Ejaan Yang Disempurkan). Pendekatan metodologi yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif. Bentuk penelitiannya adalah deskripstif. Data dalam penelitian ini berupa data tulis, yang berupa kalimat tanya. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks “Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik SMA kelas XI” Kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode catat. Dengan kata lain metode catat dalam penelitian ini yang digunakan dengan cara membaca dan memahami wacana, karena datanya berbentuk teks atau tulisan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan sintaksis. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan pertama, terdapat 2 jenis kalimat tanya yang dipakai antara lain, jenis kalimat interogatif yang meminta jawaban mengenai salah satu unsur kalimat dan kalimat interogatif yang meminta viii jawaban berupa pendapat. diksi yang digunakan ada beberapa yang artiligual. Kata artilingual yang terdapat dalam buku teks tersebut adalah kata akhir-akhir ini, hambatan, ganjil, prosesi, kiprah, di benak, semasa, dan ilustrasi. Kata-kata tersebut harus disesuaikan dengan konteks yang akan ditanyakan, seharusnya menggunakan kata yang mudah dipahami oleh peserta didik. Penggunaan EYD (Ejaan yang disempurnakan) pada kalimat tanya yang ada pada buku teks ad, kata kurang sempurna. Apabila kata tanya apa, bagaimana, dimana, dan kapan yang ada ada buku teks diberi imbuhan partikel –kah maka akan menjaga nilai kesopanan pada kalimat tanya tersebut. Sesuai dengan hasil penelitian, dikemukakan saran sebagai berikut. Penulis berharap kepada peneliti lain agar mengkaji lebih mendalam hal yang berkaitan dengan ketepatan penggunaan kalimat. Peneliti juga berharap penelitian ini juga bermanfaat bagi guru bahasa Indonesia sebagai referensi saat memberikan tugas yang berupa kalimat tanya kepada peserta didik. Dan untuk mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agar menyempurnakan lagi penelitian ini yang jauh dari kata sempurna.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI