KETEPATAN PENGGUNAAN BAHASA PADA BUKU TEKS “BAHASA INDONESIA EKSPRESI DIRI DAN AKADEMIK SMA KELAS XI” KURIKULUM 2013
Author (Penulis)
SRI LESTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.07.0103
Abstract
ABSTRAK
SRI ESTARI 11.1.01.07.0103.
Ketepatan Penggunaan Bahasa pada Buku Teks “Bahasa Indonesia Ekspresi Diri
dan Akademik SMA Kelas XI” Kurikulum 2013. Skripsi bidang kebahasaan.
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Ilmu
Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Kata Kunci : Ketepatan Penggunaan Kalimat Tanya
Penelitian ini memfokuskan permasalahan ketepatan penggunaan kalimat
tanya pada buku teks “Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik SMA Kelas
XI. Tujuan penelitian secara umum untuk mendeskripsikan ketepatan penggunaan
kalimat tanya pada buku teks “Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik
SMA Kelas XI. Tujuan penelitian secara khusus (1) mendeskripsikan jenis
kalimat tanya apa sajakah yang dipakai pada buku teks “Bahasa Indonesia
Ekspresi Diri dan Akademik SMA kelas XI” Kurikulum 2013, (2)
mendeskripsikan bagaimanakah diksi pada kalimat tanya buku teks “Bahasa
Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik SMA kelas XI” Kurikulum 2013, (3)
mendiskripsikan bagaimanakah penerapan EYD pada kalimat tanya buku teks
“Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik SMA kelas XI” Kurikulum 2013.
Dan hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi (1) Siswa kelas XI agar
mampu memahami gagasan kalimat pertanyaan yang ada pada buku teks
sehingga siswa dengan mudah menjawab pertanyaan dalam buku teks, (2)
Penelitian ini dapat berguna bagi guru saat proses belajar mengajar berlangsung
dan guru mampu memahami gagasan dari kalimat pertanyaan yang ada pada buku
teks, (3) untuk menambah pengalaman, pengetahuan peneliti serta dapat
membagikan dan menerapkan ilmu selama belajar di perguruan tinggi, (4) dapat
memberikan gambaran tentang penelitian kualitatif serta menambah wawasan
bagi pembaca.
Penelitian ini mengacu pada komposisi penggunaan bahasa. Penelitian ini
terdapat teori-teori dari beberapa ahli yang dijadikan sebagai referensi. Teori tersebut
antara lain (1) Jenis Kalimat Tanya, (2) Diksi, (3) EYD ( Ejaan Yang
Disempurkan).
Pendekatan metodologi yang digunakan peneliti adalah pendekatan
kualitatif. Bentuk penelitiannya adalah deskripstif. Data dalam penelitian ini
berupa data tulis, yang berupa kalimat tanya. Sumber data dalam penelitian ini
adalah buku teks “Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik SMA kelas XI”
Kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan metode catat. Dengan kata lain metode catat dalam
penelitian ini yang digunakan dengan cara membaca dan memahami wacana,
karena datanya berbentuk teks atau tulisan. Pendekatan penelitian yang digunakan
adalah pendekatan sintaksis.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan pertama, terdapat 2 jenis
kalimat tanya yang dipakai antara lain, jenis kalimat interogatif yang meminta
jawaban mengenai salah satu unsur kalimat dan kalimat interogatif yang meminta
viii
jawaban berupa pendapat. diksi yang digunakan ada beberapa yang artiligual.
Kata artilingual yang terdapat dalam buku teks tersebut adalah kata akhir-akhir
ini, hambatan, ganjil, prosesi, kiprah, di benak, semasa, dan ilustrasi. Kata-kata
tersebut harus disesuaikan dengan konteks yang akan ditanyakan, seharusnya
menggunakan kata yang mudah dipahami oleh peserta didik. Penggunaan EYD
(Ejaan yang disempurnakan) pada kalimat tanya yang ada pada buku teks ad, kata
kurang sempurna. Apabila kata tanya apa, bagaimana, dimana, dan kapan yang
ada ada buku teks diberi imbuhan partikel –kah maka akan menjaga nilai
kesopanan pada kalimat tanya tersebut.
Sesuai dengan hasil penelitian, dikemukakan saran sebagai berikut.
Penulis berharap kepada peneliti lain agar mengkaji lebih mendalam hal yang
berkaitan dengan ketepatan penggunaan kalimat. Peneliti juga berharap penelitian
ini juga bermanfaat bagi guru bahasa Indonesia sebagai referensi saat
memberikan tugas yang berupa kalimat tanya kepada peserta didik. Dan untuk
mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agar menyempurnakan lagi
penelitian ini yang jauh dari kata sempurna.