PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN BULAT SISWA KELAS VII SMPN 1 TANJUNGANOM NGANJUK TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

YULI ASTUTIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0221

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dari kenyataan hasil belajar matematika siswa yang tidak sesuai dengan harapan. Berdasarkan pengalaman peneliti sebelumnya dan pengamatan dilapangan menerangkan bahwa pembelajaran matematika yang terpusat pada guru menyebabkan siswa menjadi pasif, sehingga hasil belajar matematika menjadi rendah. Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran snowball throwing dengan pendekatan open-ended (2) mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran snowball throwing tanpa pendekatan open-ended (3) mengetahui perbedaan antara model pembelajaran snowball throwing dengan pendekatan open-ended dan model pembelajaran snowball throwing dengan pendekatan konstruktivisme terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Tanjunganom Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu true eksperimental design dengan jenis Posttest-Only control design. Desain penelitian ini hanya menggunakan postest sebagai perbandingan. Berdasarkan hipotesis maka digunakan uji analisis variansi satu jalan. Sebelum dilakukan uji analisis variansi satu jalan tersebut maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari analisis data, hipotesis (1) Rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran snowball throwing dengan pendekatan open-ended adalah 68. (2) Rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran snowball throwing tanpa pendekatan open-ended adalah 63,56 (3) Berdasarkan dari analisis data, uji anava satu jalan dengan sel tak sama yang telah dilakukan bahwa tidak terdapat perbedaan antara model pembelajaran Snowball Throwing dan model pembelajaran Snowball Throwing dengan Pendekatan Open Ended. Kata Kunci : Keaktifan, Hasil belajar, Snowball throwing, Open-ended.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI