PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VII UPTD SMP NEGERI 1 SEMEN TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
WAHIDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0215
Abstract
Wahidah : Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Materi Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas VII UPTD SMPN 1 Semen Kediri, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016.
Penelitian ini di latar belakangi dari kegiatan pembelajaran yang berlangsung selama ini di dalam kelas berpusat kepada guru, sehingga siswa cenderung kurang aktif dan hasil belajarnya menjadi rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1)Bagaimanakah kreativitas belajar siswa pada saat pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Problem Posing pada materi bilangan bulat kelas VII di UPTD SMPN 1 Semen Kediri ? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap hasil belajar siswa pada materi bilangan bulat kelas VII di UPTD SMPN 1 Semen Kediri ?
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan angket, berdasarkan hipotesis digunakan uji t, sebelum dilakukan uji t maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas dengan pengambilan sampel 2 kelas yang terdiri dari 36 siswa tiap kelasnya.
Dari analisis data yang didapatkan, dapat ditarik kesimpulan (1) Dari data angket yang diperoleh hasil angket yang telah diberikan kepada kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem Posing diketahui kreativitas 70% sedangkan hasil kelas kontrol dengan pembelajaran langsung 55%. (2) ada pengaruh yang signifikan antara ?????????????????????????dan ???????????????????????? yang diperoleh dari perhitungan yaitu dengan ?????????????????????????=5,776 sedangkan ????????????????????????=????(0,05);70=1,67 pada taraf signifikansi 5%.
Kata Kunci : Model pembelajaran problem posing, kreativitas dan hasil belajar.