Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada sub materi pokok relasi dan fungsi di kelas VIII SMP YBPK Kediri
Author (Penulis)
TYAS WINEDAR
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0212
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman penelitian bahwa pembelajaran matematika di SMP YBPK Kediri masih didominasi oleh aktivitas klasik dengan dominasi peran guru. Akibatnya suasana kelas jadi cenderung pasif, monoton dan membosankan. Sehingga siswa tidak menyukai pelajaran matematika. Hal ini nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah yang pada ahkirnya hasil belajar berdampak rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah : (1) Bagaimana keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada sub materi relasi dan fungsi di kelas VIII di SMP YBPK? (2) Bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe TPS pada sub materi pokok relasi dan fungsi di kelas VIII di SMP YBPK? (3) Bagaimana hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada sub materi pokok relasi dan fungsi?
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMP YBPK Kediri. Penelitian dilaksanakan dua kali pertemuan, menggunakan instrumen berupa Silabus, RPP, dan tes hasil belajar berupa Pretest dan Posttest
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) keterlaksanaan pembelajaran kooperatif TPS (Think Pair Share) Menunjukkan adanya seberapa besar ketercapaian pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan setiap pertemuan berdasarkan hasil pengamatan observer terhadap guru yang mengajar. (2) aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TPS (Think Pair Share) mengalami peningkatan dalam aktivitas pembelajaran. (3) Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif TPS (Think Pair Share) efektiv digunakan dikelas karena dapat meningkatkan hasil belajar.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini dapat direkomandasikan (1) tujuan pokok menggunakan pembelajaran kooperatif TPS (Think Pair Share) adalah untuk mengembangkan pola pikir siswa dalam proses memperoleh jawaban dalam suatu permasalahan. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung dan memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran baik kelompok maupun individu. (2) guru harus masih belajar dan membuktikan apakah pembelajaran kooperatif TPS (Think Pair Share) sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik siswa.