PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA KELAS X PADA POKOK BAHASAN BENTUK PANGKAT, AKAR DAN LOGARITMA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE TS-TS (TWO STAY-TWO STRAY)
Author (Penulis)
SEFTIAN ROBET WIDODO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0187
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa motivasi dan kemampuan belajar siswa di SMA masih rendah. Hal tersebut terlihat dari hasil belajar siswa yang masih banyak yang berada dibawah KKM.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah peningkatan motivasi belajar siswa kelas X pada pokok bahasan Bentuk Pangkat, Akar Dan Logaritma dengan model pembelajaran kooperatif learning tipe TS-TS ? (2) Adakah peningkatan kemampuan belajar siswa kelas X pada pokok bahasan Bentuk Pangkat, Akar Dan Logaritma dengan model pembelajaran kooperatif learning tipe TS-TS ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas X di SMA Pawyatan Daha Kota Kediri. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan instrument berupa angket, soal pre-test, post-test,serta wawancara.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Berdasarkan analisis data yang dilakukan dengan bantuan SPSS 20,0 for Windows didapat kesimpulan bahwa terdapat peningakatan antara motivasi belajar siswa pada materi bentuk pangkat, akar, dan logaritma dengan pembelajaran kooperatif tipe TS-TS. (2)Berdasarkan analisis data yang dilakukan dengan bantuan SPSS 20,0 for Windows diperoleh kesimpulan bahwa terdapat peningkatan antara kemampuan belajar siswa pada materi bentuk pangkat, akar, dan logaritma pembelajaran kooperatif tipe TS-TS..