IMPLEMENTASI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENGEMBANGKAN SENSE MAKING SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII MTS RAUDLATUT THALABAH WONOREJO NGADILUWIH
Author (Penulis)
RIZQI PURBAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0184
Abstract
matematika di MTS Raudlatut Thalabah belum sesuai harapan. Terlihat dari nilai ujian tengah semester siswa, terdapat 70% siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan terdapat siswa yang belum dapat membawa permasalahan nyata kedalam model matematika.
Pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pelaksanaan Pendekatan Matematika Realistik di kelas VIII MTS Raudlatut Thalabah? (2) Bagaimanakah perkembangan sense making siswa dengan Pendekatan Matematika Realistik di kelas VIII MTS Raudlatut Thalabah? (3) Apakah Pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTS Raudlatut Thalabah?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan objek penelitian siswa kelas VIII MTS Raudlatut Thalabah. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, soal tes evaluasi, wawancara, dan dokumentasi.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Menerapkan Pendekatan Matematika Realistik (PMR)pada pembelajaran matematika (3) Mendeskripsikan sense making siswa pada pembelajaran matematika.