EFEKTIVITAS DESAIN PEMBELAJARAN ELPSA (EXPERIENCES, LANGUAGE, PICTURES, SYMBOLS, APPLICATION) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP ISLAM SULTAN AGUNG PADA MATERI POKOK RELASI DAN FUNGSI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

RIRIN HARTININGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0178

Abstract

ABSTRAK Ririn Hartiningsih: Efektivitas Desain Pembelajaran ELPSA (Experiences, Language,Pictures, Symbols, Application) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Islam Sultan Agung Pada Materi Pokok Relasi Dan Fungsi Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Kata Kunci: Desain Pembelajaran ELPSA (Experiences, Language,Pictures, Symbols, Application), Kemampuan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar peserta didik SMP Islam Sultan Agung yang menunjukkan pencapaian ketuntasan klasikal yang masih rendah. Hal ini membuktikan bahwa ketertarikan dalam belajar matematika masih kurang, sehingga hasil belajar yang dicapai kurang maksimal. Selama ini model pembelajaran yang dipergunakan guru adalah pembelajaran langsung yang tidak ada desain yang mendampingnya, kondisi kelas akan monoton karena tidak ada keaktifan peserta didik. Semua kegiatan terpusat kepada guru sehingga peserta didik menjadi pasif. Permasalahan yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Apakah dengan Pembelajaran ELPSA (Experiences, Language, Pictures, Symbols, Application) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Islam Sultan Agung pada materi relasi fungsi? (2) Apakah dengan Pembelajaran ELPSA (Experiences, Language, Pictures, Symbols, Application) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Islam Sultan Agung pada materi relasi fungsi? (3) Apakah Pembelajaran ELPSA (Experiences, Language, Pictures, Symbols, Application) efektif dalam proses belajar siswa kelas VIII SMP Islam Sultan Agung? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif dengan sampel adalah peserta didik kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen. Teknik penelitian menggunakan One-Shot Case Study Design. Penelitian dilaksanakan dalam dua kali pertemuan dengan menggunakan instrumen berupa post-test. Serta uji validitas, reliabilitas, analisis butir soal, uji noemalitas dan uji hipotesis menggunakan SPSS versi 16. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat setelah menerapkan desain pembelajaran ELPSA (Experiences, Language, Pictures, Symbols, Application). Hasil perhitungan menggunakan SPSS versi 16 sig. 0,00 < 0,05 dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ada peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang signifikan setelah adanya penerapan desain pembelajaran ELPSA (Experiences, Language, Pictures, Symbols, Application). Hasil belajar siswa meningkat dengan menerapkan desain pembelajaran ELPSA (Experiences, Language, Pictures, Symbols, Application). Hasil perhitungan menggunakan SPSS versi 16 sig. 0,00 < 0,05 dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ada peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan setelah adanya penerapan desain pembelajaran ELPSA (Experiences, Language, Pictures, Symbols, Application).

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI