PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
RINI HERAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0177
Abstract
ABSTRAK
Kata Kunci
problem solving, Scientific, pemahaman konsep.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep pada peserta didik SMP Muhammadiyah yang menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa masih rendah. Hal ini membuktikan bahwa ketertarikan dalam belajar matematika masih kurang, sehingga hasil pemahaman konsep yang dicapai kurang maksimal karena pembelajaran matematika lebih terpusat pada guru, sementara siswa cenderung pasif. Untuk itu penulis melakukan penelitian tentang pengaruh model problem solving dengan pendekatan scientific terhadap pemahaman konsep. Tujuan penelitian untuk mengetahui pemahaman konsep model problem solving dengan
pendekatan scientific serta ada/tidaknya pengaruh model problem solving dengan pendekatan scientific. Permasalahan yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Bagaimana pemahaman konsep model problem solving dengan pendekatan Scientific pada materi aritmatika sosial kelas VII SMP Muhammadiyah Kota Kediri? (2) Apakah ada pengaruh menggunakan model problem
solving dengan Pendekatan Scientific terhadap pemahaman konsep pada materi aritmatika sosial siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kota Kediri?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan sampel adalah peserta didik kelas VII-C sebagai kelas eksperimen. Teknik penelitian menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilaksanakan dalam dua kali pertemuan dengan menggunakan instrumen berupa soal Pretest dan post-test. Serta uji hipotesis menggunakan SPSS versi 21 dengan Paired-Samples T Test. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Hasil analisis uji-t dengan taraf kesalahan 5% dari bagaimana pemahaman konsep model problem solving dengan pendekatan pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Kota Kediri” menunjukkan hasil yang signifikan. Hasil perhitungan menggunakan SPSS versi 21 sig. 0,00 < 0,05 dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima,(2) artinya ada pengaruh yang signifikan setelah mendapatkan model problem solving dengan pendekatan Scientific terhadap Pemahaman Konsep pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Kota Kediri. Disaran kepada guru matematika untuk menggunakan model problem solving dengan pendekatan scientific untuk meningkatkan pemahaman siswa.