PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIKOMBINASIKAN DENGAN MIND MAPPING PADA POKOK BAHASAN FUNGSI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

RINA NUR HASANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0174

Abstract

Abstrak Rina Nur Hasanah : Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dikombinasikan dengan Mind Mapping pada Pokok Bahasan Fungsi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UN PGRI Kediri, 2015. Kata kunci : model pembelajaran, kombinasi PBL dengan mind mapping, hasil belajar. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran matematika di SMP Negeri 5 Kediri masih didominasi oleh peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari hasil belajar siswa yang masih rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran mind mapping pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kediri pokok bahasan fungsi? (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran PBL dikombinasikan dengan mind mapping terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kediri pokok bahasan fungsi?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kediri. Dalam penelitian ini, terdapat tiga model pembelajaran yaitu model PBL, model mind mapping, dan model kombinasi PBL dengan mind mapping. Penelitian dilaksanakan dalam tiga kelas yaitu kelas eksperimen, kelas kontrol I, dan kelas kontrol II, menggunakan instrumen berupa RPP dan tes hasil belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran PBL dan model pembelajaran mind mapping pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kediri pokok bahasan fungsi. (2) Tidak terdapat pengaruh model pembelajaran PBL yang dikombinasikan dengan mind mapping terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kediri pokok bahasan fungsi. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, direkomendasikan : (1) Tujuan pokok penggunaan model pembelajaran kombinasi PBL dengan mind mapping adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah model pembelajaran kombinasi PBL dengan mind mapping sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI