PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII SMP 8 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

RENY WIDYAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0169

Abstract

Abstrak Widyawati, Renny : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran ARIAS Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : Model Pembelajaran ARIAS, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan bahwa banyak siswa yang menganggap pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit, membingungkan dan sederet kata lainnya yang menunjukkan perasaan tidak senang pada pelajaran matematika. Siswa juga kurang memiliki motivasi terhadap matematika, hal ini dapat menyebabkan siswa kurang dapat memahami penjelasan dari guru sehingga memengaruhi hasil belajar. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh dari penerapan model pembelajaran ARIAS terhadap motivasi belajar matematika siswa? (2) Apakah ada pengaruh dari penerapkan model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar matematika siswa? (3) Bagaimana pengaruh dari penerapan model pembelajaran ARIAS terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa? Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket dan tes, hipotesis di uji dengan menggunakan uji-t dan juga menggunakan analisis statistik deskriptif. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh dari penerapan model pembelajaran ARIAS terhadap motivasi belajar matematika siswa (2) Ada pengaruh dari penerapan model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar matematika siswa (3) Pengaruh penerapan model pembelajaran ARIAS terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa berapa pada kategori baik dan sangat baik. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Tujuan pokok penggunaan model pembelajaran ARIAS adalah untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa melalui pendekatan dari guru. Oleh karena itu, guru harus menyusun rancangan pembelajaran sebelum melakukan pembelajaran. (2) Guru masih perlu meneliti untuk membuktikan apakah model pembelajaran ARIAS cocok digunakan untuk semua pelajaran matematika dan karakter semua siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-11

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI