Hubungan Keterampilan Operasi Dasar Aritmatika dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Bab Pecahan Siswa Kelas V MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kediri
Author (Penulis)
NAVIA SRI AGUSTIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0143
Abstract
Abstrak
Navia Sri Agustin: Hubungan Keterampilan Operasi Dasar Aritmatika dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Bab Pecahan Siswa Kelas V MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kediri, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata kunci: Keterampilan operasi dasar aritmatika, minat, hasil belajar
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa matematika masih dipandang sebagai mata pelajaran yang sangat sulit dan membingungkan. Pengetahuan yang dimiliki siswa hanya sebatas yang disampaikan guru sehingga kemapuan berfikir siswa tidak dapat berkembang secara optimal. Hal ini dikarenakan minat belajar siswa terhadap matematika yang masih rendah. Untuk materi Pecahan, ada beberapa siswa yang kurang menguasai dikarenakan siswa tersebut kurang memiliki keterampilan operasi dasar aritmatika.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana keterampilan operasi dasar aritmatika siswa kelas V MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kediri? (2) Bagaimana minat belajar siswa kelas V MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kediri? (3) Adakah hubungan antara keterampilan operasi dasar aritmatika dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kediri pada materi pecahan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas V A MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kediri. Penelitian menggunakan teknik penyebaran angket dan tes evaluasi untuk pengambilan datanya. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal tes evaluasi dan lembar angket siswa.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Keterampilan operasi dasar aritmatika siswa kelas V masih rendah dengan nilai paling tinggi 80. (2) Minat belajar siswa terhadap matematika kelas V maksimal hanya mencapai 80% dari kriteria yang diharapkan. (3) Terdapat korelasi yang signifikan antara keterampilan operasi dasar aritmatika dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika bab pecahan.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok pengasahan keterampilan berhitung operasi dasar aritmatika adalah untuk memudahkan siswa dalam memahami materi pecahan. Oleh sebab itu, guru sebagai pelaksana pembelajaran harus meningkatkan keterampilan berhitung siswa terlebih dahulu sebelum mengajarkan materi pecahan. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan seberapa besar pengaruh tingkat keterampilan operasi dasar aritmatika terhadap hasil belajar materi pecahan dengan menggunakan analisis regresi.