Pengaruh Penerapan Model Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Matriks


Author (Penulis)

MUGI NUR ROHMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0135

Abstract

ABSTRAK Mugi Nur Rohmah : Pengaruh Penerapan Model Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Matriks. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri. Kata Kunci : Model Cooperative Script, Hasil Belajar. Pada dasarnya model pembelajaran yang diterapkan guru justru membuat siswa menganggap bahwa pelajaran matematika adalah mata pelajaran yang membosankan, sulit dipahami dan tidak menarik untuk dibahas sehingga menunjukan kecenderungan hubungan yang kurang selaras antara guru bidang studi matematika dan siswa itu sendiri. Hal ini disebabkan masih menggunakan metode pembelajaran konvensianal atau ceramah, yang masih belajarnya berpusat pada guru. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui sejauh mana Pengaruh Penerapan Model Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Matriks. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) penerapan model Cooperative Script pada pembelajaran matematika materi Matriks, (2) hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi Matriks setelah menggunakan model Cooperative Script siswa kelas XI di SMK PGRI 4 Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan true experimental design dimana sampel yang diambil pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diambil secara random dari populasi tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI TITL diterapkan model cooperative script dan kelas XI TKR 1 diterapkan model konvensional. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes sedangkan untuk teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa Penerapan model Cooperative Script pada pembelajaran matematika telah terlaksana dengan baik dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi Matriks setelah menggunakan model Cooperative Script hasil belajarnya lebih meningkat dibandingkan dengan model konvensional pada materi matriks kelas XI di SMK PGRI 4 Kediri, terbukti bahwa hasil pengujian hipotesis t_hitung?t_tabel yaitu 3,332?1,670. Hal ini terbukti bahwa H_a diterima dan H_o ditolak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI