PENGARUH METODE DRILL (LATIHAN) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS ARRAHMAH PAPAR PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

LINDA SETYANINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0114

Abstract

Abstrak Linda Setyaningsih: Pengaruh metode drill(latihan) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTS ARRAHMAH PAPAR pada materi persamaaan dan pertidaksamaan linear satu variabel tahun pelajaran 2015/2016, Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Desember, 2015. Kata Kunci: Pengaruh metode Drill terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Matematika di MTS masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnya pun rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh metode Driil terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen pada materi persamaaan dan pertidaksamaan linear satu variabel di MTS ARRAHMAH PAPAR? (2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode drill dan kelas kontrol pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel di MTS ARRAHMAH? Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VII MTS ARRAHMAH PAPAR. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrumen berupa RPP, pemberian latihan soal dan tes tulis Dari analisis data, diperoleh rata-rata skor tes siswa yang menggunakan model pembelajaran Drill (kelas eksperimen) x ?1 = 70 dan rata-rata skor tes siswa yang menggunakan model pembelajaran Konvensional (kelas kontrol) x ?2 = 50. Dari perhitungan dengan menggunakan teknik uji t satu arah diperoleh thitung = 2,3585. Dan dengan ? = 0.05 serta dk = 34 diperoleh ttabel = 2,032 karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Drill pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel kelas VII MTS ARRAHMAH Papar. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) dengan penggunaan metode Drill ada pengaruh hasil belajar siswa. (2) dilihat dari perbrdaan rata-rata nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan metode Drill yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan trobosan cara pembelajaran yang efektif dan tidak monoton. (2) Guru perlu mencoba metode ini karena dengan di beri latihan soal terus menerus siswa akan terlatih dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI