Pengaruh Metode Resitasi dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Minat terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Aljabar Siswa Kelas VII di UPTD SMPN 1 Semen Tahun Pelajaran 2015/2016


Author (Penulis)

LINDA SEPTIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0113

Abstract

Abstrak Linda Septiani : Pengaruh Metode Resitasi dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Minat terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Aljabar Siswa Kelas VII di UPTD SMPN 1 Semen Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UN PGRI Kediri, 2015. Kata Kunci : metode resitasi, lembar kerja siswa (LKS), minat, hasil belajar. Penelitian ini di latar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran matematika yang masih didominasi oleh aktifitas guru yang menyebabkan peserta didik menjadi pasif, sehingga hasil belajar masih tergolong rendah. Hal ini terlihat dari hasil ulangan harian yang diperoleh siswa yang masih kurang dari kriteria ideal berdasarkan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran) yang diberlakukan di UPTD SMPN 1 Semen. Metode yang digunakan oleh guru menyebabkan interkasi antara guru dan peserta didik menjadi berkurang yang berdampak pada kurangnya minat peserta didik terhadap hasil belajar. Pemasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh metode resitasi dengan menggunaka lembar kerja siswa terhadap hasil belajar siswa? (2) Apakah ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa? (3) Apakah ada interaksi metode resitasi dengan menggunakan lembar kerja siswa dan minat terhadap hasil belajar siswa? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VII UPTD SMPN 1 Semen. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah metode tes dan angket. Uji hipotesis uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah hipotesis (1) diperoleh nilai F_(A obs)=109,11583 dengan F_?=3,98. Dengan demikian F_(A obs)>F_?, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0A ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh metode resitasi dengan menggunakan lembar kerja siswa terhadap hasil belajar siswa. Hipotesis (2) diperoleh nilai F_(B obs)= 30,13741 dengan F_?=3,13. Dengan demikian F_(B obs)>F_?, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0B ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan hipotesis (3) diperoleh nilai F_(AB obs) = 2,737 dengan F_? = 3,13. Dengan demikian F_(AB obs)

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI