MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN AKTIF KUIS TIM PADA STANDAR KOMPETENSI PEMAHAMAN DERET BILANGAN PADA SISWA KELAS IX-H MTsN KANIGORO KRAS KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

KOMARUDDIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0109P

Abstract

ABSTRAK Komaruddin, 2015 : “Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan “Aktif Kuis Tim” Pada Standar Kompetensi Pemahaman Deret Bilangan Pada Siswa Kelas IX-H MTsN Kanigoro Kras Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015”Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP UNP Kediri, 2015 Kata kunci : Kemandirian belajar siswa , Pendekatan Aktif “ Kuis Tim “ Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti akan hasil belajar siswa di kelas IX-H pada pelajaran Matematika. Disinyalir matematika merupakan pelajaran yang sulit disetiap pokok Bahasan, terutama pada pokok bahasan Suku Aljabar (Pada Deret Bilangan). Pokok bahasan ini memerlukan ketelitian di dalam mengopersikan setiap suku aljabar. Karena adanya beberapa variabel yang terdapat pada setiap suku. Pada hal pada operasi hitung bilangan kadang siswa masih mengalami kendala dan kesulitan baik itu dalam operasi hitung bilangan Bulat maupun bilangan Asli. Sehingga hasil belajar siswa kurang memenuhi tarjet yang ditentukan oleh Madrasah ( KKm ). Permasalahan penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penerapan pembelajaran tuntas (Mastery Learning) dengan pendekatan “Aktif Kuis Tim” Pada Standart Kompetensi Pemahaman Deret Bilangan siswa kelas IX-H MTs Negeri Kanigoro Kras Kediri? (2) Apakah penerapan pembelajaran tuntas (Mastery Learning) dengan Pendekatan Kuis Tim Pada Standart Kompetensi Pemahaman Deret Bilangan siswa kelas IX-H MTs Mampu meningkatkan kemandirian siswa? . Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas IX-H di MTs Negeri Kanigoro Kras Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi Hasil Belajar siswa, lembar observasi guru, angket respon siswa dan tes hasil belajar. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) penerapan pembelajaran tuntas (Mastery Learning) dengan pendekatan “Aktif Kuis Tim” Pada Standart Kompetensi Pemahaman Deret Bilangan siswa kelas IX-H MTs Negeri Kanigoro Kras Kediri terlaksana dengan baik. (2) penerapan pembelajaran tuntas (Mastery Learning) dengan Pendekatan Kuis Tim Pada Standart Kompetensi Pemahaman Deret Bilangan siswa kelas IX-H MTsN Kanigoro Mampu meningkatkan kemandirian siswa, khususnya pada materi Deret Bilangan dengan perolehan prosentase pada siklus I sebesar 59,9% meningkat pada siklus II sebesar 75,31% Siklus III sebesar 87,20 %. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Guru lebih menggali kemampuan belajar siswa dengan pendekatan yang tepat. (2) Guru masih harus lebih mengelola waktu karena pembelajaran tuntas (mastery learning) dengan Pendekatan Kuis Tim, ini sangat bergantung dengan waktu yang berguna untuk mengenal siswa dengan lebih dekat sesuai dengan karakter siswa masing-masing.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-21

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI