PENGARUH PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN BULAT


Author (Penulis)

CYNDI WIDYA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0042

Abstract

Abstrak Cyndi Widya Sari: Pengaruh Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat, Skripsi, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Kata kunci: Metode Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar, Bilangan Bulat. Berdasarkan Riyanto widodo (2011) menjumpai bahwa siswa kelas VII, masih sangat sukar untuk melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat. Maka dari itu guru harus menggunakan metode pembelajaran yang sesuai untuk mendapatkan hasil belajar yang baik. Ada beberapa metode pembelajaran yang dapat dipilih untuk digunakan salah satunya adalah metode penemuan tebimbing. Metode penemuan terbimbing adalah suatu metode pembelajaran yang dalam pelaksanaannya guru memperkenankan siswanya untuk berpikir sendiri sehingga dapat menemukan prinsip umum yang diinginkan dengan bimbingan dan petunjuk dari guru. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode penemuan terbimbing pada materi bilangan bulat di SMP Pawyatan Daha 1 Kediri? (2) Apakah ada pengaruh metode penemuan terbimbing terhadap hasil belajar matematika materi bilangan bulat di SMP Pawyatan Daha 1 Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian kelas VII E SMP Pawyatan Daha 1 Kediri. Penelitian menggunakan instrumen berupa Silabus, RPP, lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa, dan tes hasil belajar siswa. Dari data hasil lembar observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa, hasil prosentase kegiatan guru sebesar 89,10% mendapat kategori sangat baik dan prosentase kegiatan siswa adalah 83,97% mendapat kategori baik. Sedangkan berdasarkan rata-rata nilai pretest 59,94737 dan rata-rata nilai posttest 81,02632. Dari perhitungan dengan menggunakan uji t paired diperoleh thitung = 7,38046 dengan ? = 0,05. Dan ttabel =2,026192 sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Penerapan metode penemuan terbimbing pada materi bilangan bulat di SMP Pawyatan Daha 1 Kediri efektif ditinjau dari kegiatan guru dan kegiatan siswa berada pada kategori minimal baik. (2) Ada pengaruh penerapan metode penemuan terbimbing terhadap hasil belajar matematika materi bilangan bulat di SMP Pawyatan Daha 1 Kediri. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dikemukakan, maka saran yang dapat peneliti berikan adalah (1) Metode penemuan terbimbing dapat dipertimbangkan sebagai alternatif yang dapat digunakan sebagai metode pembelajaran. (2) Bagi calon peneliti berikutnya, agar dapat menerapkan metode penemuan terbimbing pada materi yang lain.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI