PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA KELAS X-TKR 2 SMK MUHAMMADIAH 2 KEDIRI TAHUN AJARAN 2016-2017


Author (Penulis)

AHMAD MUSTHAFA AL QAHHAR
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0006

Abstract

ABSTRAKS Ahmad Musthafa Al Qahhar :Penerapan ModelPembelajaran GroupInvestigation untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada MateriPersamaan dan Pertidaksamaan Linier Kelas X-TKR 2 SMK Muhammadiah 2 Kediri Kata Kunci : Penerapan, Model Pembelajaran, Group Investigation, Pemahaman Konsep, Persamaan dan Pertidaksamaan Linier. Penelitian ini adalah hasil pengamatan dan penelitian peneliti, di SMK Muhammadiah 2 Kediri,SMK Muhhamadiyah 2 Kediri merupakan salah satu sekolah yang siswanya memiliki kemampuan belajar yang bervariasi. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari hasil observasi peneliti , hasil belajar siswa pada pelajaran matematika khusunya materi persamaan dan pertidaksamaan linier belum seperti yang diharapkan. Banyak siswa yang mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Hal ini terbukti dari hasil nilai siswa SMK Muhammadiyah 2 kelas X semester 2 tahun 2016 pada pelajaran matematika materi bangun ruang dan bahwa 57 dari 96 siswa mendapat nila dibawah KKM yang telah ditetapkan yaitu 75. Berarti 59,3% siswa kelas X mengalami kesulitan dalam materi persamaan dan pertidaksamaan linier. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperative berbasis Group Investigation (GI) di kelas X SMK Muhaamadiah pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier . Berdasarkan hasil analisis data, tentang penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada materi pokok persamaan dan pertidksamaan linier untuk meningkatkan pemahan konsep siswa kelas X TKR-2 SMK Muhammadiyah 2 Kediri dari bab I sampai bab V, maka pada akhir skripsi ini dapat disimpulkan bahwa:”Dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas X-TKR 2 tahun pelajaran 2016- 2017. Hal ini ditunjukan pada peningkatan hasil akhir tiap siklus yaitu pada pra siklus rata-rata hasil belajar sebesar 52.97 dengan ketuntasan belajar 26.32%, pada siklus I rata–rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 57.89 dengan ketuntasan klasikal 52.63%, dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa lebih meningkat lagi mencapai 74.90 dengan ketuntasan klasikal 91.89%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-03

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI