Pengaruh model group investigation dengan media gambar visual terhadap pemahaman materi hak dan kewajiban berdemokrasi pada siswa kelas X TPM SMK Kertanegara Kediri Tahun Ajaran 2014/1015


Author (Penulis)

NUR AFITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.03.0008

Abstract

Telah dikemukakan pada kajian teori, bahwa model group investigation dengan media gambar visual dalam PBM secara teoritis terbukti berpengaruhsignifikan terhadap hasil pemahaman materi pada siswa. Masalah yang diteliti dirumuskan sebagai berikut: (1) Adakah pengaruh yang signifikan model pembelajaran group investigation terhadap pemahaman materi hak dan kewajiban berdemokrasi pada siswa kelas X TPM SMK KERTANEGARA Kediri Tahun Ajaran 2014/2015? (2) Adakah pengaruh yang signifikan media gambar visual terhadap pemahaman materi hak dan kewajiban berdemokrasi pada siswa kelas X TPM SMK KERTANEGARA Kediri Tahun Ajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mendeskripsikan dan membuktikan ada tidaknya pengaruh Model pembelajaran group investigation terhadap pemahaman materi hak dan kewajiban berdemokrasi pada siswa kelas X SMK KERTANEGARA Kediri Tahun Ajaran 2014/2015 (2) Ada tidaknyapengaruhmedia gambar visual terhadap pemahaman materi hak dan kewajiban berdemokrasi pada siswa kelas X TPM SMK KERTANEGARA Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Kertanegara Kediri Tahun Ajaran 2014/2015, Jl. Ir SutamiKediri dengan sasaran penelitian siswa kelas X, sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X TPM 1 dan X TPM 2. Teknik penelitiannya adalah eksperimen, dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Instrumen yang dipakai adalah RPP, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis uji-t (t-test). Simpulan hasil penelitian ini adalah: (1) Ada pengaruh yang sangat signifikan model group investigation terhadap pemahaman materi hak dan kewajiban berdemokrasi pada siswa kelas X TPM SMK Kertanegara Kediri Tahun ajaran 2014/2015 (2) Ada pengaruh yang sangat signifikan media gambar visual terhadap pemahaman materi hak dan kewajiban berdemokrasi pada siswa kelas X TPM SMK KERTANEGARA Tahun Ajaran 2014/2015

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI