Pengaruh model group investigation dengan media gambar visual terhadap pemahaman materi hak dan kewajiban berdemokrasi pada siswa kelas X TPM SMK Kertanegara Kediri Tahun Ajaran 2014/1015
Author (Penulis)
NUR AFITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.03.0008
Abstract
Telah dikemukakan pada kajian teori, bahwa model group investigation dengan media gambar
visual dalam PBM secara teoritis terbukti berpengaruhsignifikan terhadap hasil pemahaman materi
pada siswa. Masalah yang diteliti dirumuskan sebagai berikut: (1) Adakah pengaruh yang signifikan
model pembelajaran group investigation terhadap pemahaman materi hak dan kewajiban berdemokrasi
pada siswa kelas X TPM SMK KERTANEGARA Kediri Tahun Ajaran 2014/2015? (2) Adakah
pengaruh yang signifikan media gambar visual terhadap pemahaman materi hak dan kewajiban
berdemokrasi pada siswa kelas X TPM SMK KERTANEGARA Kediri Tahun Ajaran 2014/2015?
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mendeskripsikan dan membuktikan
ada tidaknya pengaruh Model pembelajaran group investigation terhadap pemahaman materi hak dan
kewajiban berdemokrasi pada siswa kelas X SMK KERTANEGARA Kediri Tahun Ajaran 2014/2015
(2) Ada tidaknyapengaruhmedia gambar visual terhadap pemahaman materi hak dan kewajiban
berdemokrasi pada siswa kelas X TPM SMK KERTANEGARA Kediri Tahun Ajaran 2014/2015.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Kertanegara Kediri Tahun Ajaran 2014/2015, Jl. Ir
SutamiKediri dengan sasaran penelitian siswa kelas X, sampel yang digunakan adalah seluruh siswa
kelas X TPM 1 dan X TPM 2. Teknik penelitiannya adalah eksperimen, dan pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Instrumen yang dipakai adalah RPP, sedangkan teknik
analisis datanya menggunakan analisis uji-t (t-test).
Simpulan hasil penelitian ini adalah: (1) Ada pengaruh yang sangat signifikan model group
investigation terhadap pemahaman materi hak dan kewajiban berdemokrasi pada siswa kelas X TPM
SMK Kertanegara Kediri Tahun ajaran 2014/2015 (2) Ada pengaruh yang sangat signifikan media
gambar visual terhadap pemahaman materi hak dan kewajiban berdemokrasi pada siswa kelas X TPM
SMK KERTANEGARA Tahun Ajaran 2014/2015