UPAYA PENINGKATAN SIKAP ASERTIF MELALUI SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 PACITAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
ROHMAD HANAFI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0490
Abstract
ABSTRAK
Rohmad Hanafi:Upaya Peningkatan Sikap Asertif Melalui Sosiodrama Pada Siswa Kelas VIII Smpn 1 Pacitan Tahun Pajaran 2014/2015.
Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan sikap asertif melalui sosiodrama pada siswa kelas VIII SMPN I Pacitan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subyekpenelitian adalah siswa kelas VIII SMPN I Pacitan yang berjumlah 288 siswa.
Metode pengumpulan data yang digunakanadalah Angket, Observasi, dan wawancara. Instrumen penelitian ini menggunakan angket perilaku asertif, pedoman observasi dan pedoman wawancara.
Analisisdata yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Hasil kegiatan peningkatan sikap asertif ini dilakukan dengan dua siklus,tiap siklus yang dilakukan terdiri dari dua tindakan.
Pra tindakan yang dilakukandengan menyebarkan angket diperoleh data, sikap asertif para siswa masih renda dengan rata-rata kelas mencapai 59%. Pada siklus pertama yang terdiri dari tigatindakan tingkat persentase siswa meningkat menjadi 21%. Siklus keduadilakuakan peneliti dikarenakan hasil post test pertama belum mencapai padakriteria keberhasilan yang penulis harapkan.
Siklus kedua yang juga terdiri daritiga tindakan mampu meningkatkan persentase siswa yang semula sebesar 80% menjadi 90% atau sudah masuk pada persentase baik.Hasil pengamatanmenunjukan bahwa adanya perubahan sikap dari siswa yang semula kurang asertiflambat laun sudah mnunjukan asertif. hasil dari wawancara yang dilakukan punmenunjukan perubahan sikap mereka, yang semula kurang asertif menjadi semakin asertif.
Kata kunci: Sikap Asertif, Sosiodrama, Siswa SMP.