PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH NGAWEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

RINA AMBARWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0373

Abstract

Abstrak RINA AMBARWATI : Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah Ngawen, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: pola asuh orang tua, minat belajar siswa Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa saat ini orang tua adalah pemegang peranan penting dalam membentuk akhlak dan budi pekerti anak. Banyak orang tua yang menganggap bahwa dengan tercukupinya kebutuhan-kebutuhan materiil menjadi jaminan seorang anak akan bahagia sehingga mereka tidak mau tahu kepentingan dan kebutuhan anak secara spiritual. Permasalahan penelitian ini adalah, 1) Kurangnya perhatian dari orang tua 2) Kurangnya motivasi belajar dari orang tua 3) Banyaknya siswa yang kurang dalam minat belajarnya 4) Banyaknya siswa yang tidak masuk kelas pada jam pelajaran 5) Banyaknya siswa yang tidak mengerjakan tugas-tugas di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas X di SMK Muhammadiyah Ngawen. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan instrumen berupa angket untuk mengumpulkan data mengenai pola asuh orang tua dan minat belajar siswa. Dan menggunakan teknik korelasi pearson product-moment untuk menganalisa hasil data yang telah diperoleh dari angket. Hasil penelitian menunjukkan secara umum bahwa pola asuh orang tua kelas X di SMK Muhammadiyah Ngawen termasuk dalam kategori sedang dan minat belajar siswa dalam kategori sedang pula. Besar hubungan antara pola asuh orang tua dengan minat belajar siswa 0,262. Jadi berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa rhitung < rtable (0,262 < 0,361) dan nilai signifikansi yang kurang dari taraf nyata 5% maka harga korelasi tersebut tidak signifikan artinya tidak ada kontribusi yang signifikan dari pola asuh orang tua terhadap minat belajar siswa kelas X di SMK Muhammadiyah Ngawen. Saran berdasakan penelitian yang dilakukan yaitu 1) untuk orang tua diharapkan agar dapat memperhatikan anak dalam mengelola cara belajar 2) untuk guru pengajar diharapkan agar selalu memberikan motivasi dan semangat dalam menyampaikan materi 3) bagi siswa diharapkan agar memahami bahwa untuk meraih prestasi akademis yang baik tidak hanya mengandalkan perhatian orang tua saja, tetapi harus mempunyai kenyakinan dalam diri yang kuat, tinggi dan memiliki minat belajar yang baik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-01

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI