PENGARUH RASA PERCAYA DIRI TERHADAP PERILAKU MENCONTEK PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP PAWYATAN DHAHA 1 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014 - 2015


Author (Penulis)

YASINATUL ILMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0320

Abstract

ABSTRAK YASINATUL ILMA: Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Perilaku Mencontek Peserta Didik Kelas VII Di SMP Pawyatan Daha 1 Kediri,Skripsi, BK, FKIP UNP Kediri,2015. Penelitian dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan penelitian bahwasannya peserta didik di SMP PAWYATAN DAHA 1 masih cenderung melakukan hal yang sama sekali tidak dibenarkan saat melakukan kegiatan sekolah yaitu ujian, dimana mereka masih melakukan kegiatan mencontek. Akibatnya suasana kelas yang tidak kondusif dan juga menjadi faktor pembetukan serta pengelolaan rasa percaya diri yang tidak maksimal. Permasalahan pada penelitian ini adalah adakah pengaruh rasa percaya diri terhadap perilaku mencontek peserta didik kelas VII di SMP Pawyatan Daha 1 Kota Kediri tahun ajaran 2014/2015 ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VII SMP PAWYATAN DAHA 1 KEDIRI. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus yaitu menggunakan lembar kuesonier rasa percaya diri dan perilaku mencontek. Alasan menggunakan pendekatan kuantitatif dikeranakan bahwa data yang dipergunakan berupa angka. Mulai dari pengumpulan data sampai dengan hasil yang diperoleh. Kesimpulan hasil peneliian ini adalah pada hasil akhir pengujian Correlations yang di uji menggunakan sig.2 tailed diperoleh hasil 0,245 yang berarti Ha diterima Ho ditolak, yang dapat diartikan bahwa ada pengaruh antara rasa percaya diri terhadap perilaku mencontek peserta didik kelas VII SMP PAWYATAN DAHA 1 KEDIRI. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini,maka direkomendasikan (1) bagi konselor agar memberikan pemahaman tentang bagaimana cara melakukan ujian yang benar dengan memanfaatkan ilmu yang dimiliki serta dalam proses mengasahnya dan mencegah terjadinya perilaku mencontek baik disengaja maupun tidak. (2) bagi peserta didik semoga memberikan masukan bahwa perilaku mencontek apapun alasannya tersebut sama sekali tidak dibenarkan dan dapat mengelola rasa percaya dirinya dengan baik.(3) bagi orang tua dan sekolah agar dapat mengawasi dan membantu dalam proses pembentukan karakter yang mampu meningkatkan rasa percaya dirinya dan mengetahui perilaku yang benar dan tidak.(4) bagi peneliti semoga dapat digunakan sebagai dasar pengembangan penelitian yang lain. Kata Kunci : rasa percaya diri, perilaku mencontek

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI