HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII – C DI SMP MUHAMMADIYAH KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

VANANTA EGO SEDYOKO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0304

Abstract

Dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa disamping pemilihan input, juga terdapat faktor lain yang ikut menentukan antara yang disebut sebagai faktor ekstern dan faktor intern siswa. Faktor ekstern siswa meliputi sarana prasarana sekolah, pengajar, proses belajar dan faktor lain yang berasal dari lingkungan keluarga. Sedangkan faktor intern, meliputi kesehatan, intelegensi, bakat, minat, motivasi dan sebagainya. Minat merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan hasil belajar siswa. Sementara itu motivasi merupakan faktor untuk menimbulkan, mendasari, dan mengarahkan perbuatan belajar siswa. Permasalahan penelitian ini adalah 1) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas VII – C di SMP Muhammadiyah Kota Kediri tahun Ajaran 2014-2015? 2) Bagaimana minat belajar siswa kelas VII – C di SMP Muhammadiyah Kota Kediri tahun Ajaran 2014-2015? 3) Adakah hubungan antara motivasi belajar terhadap minat belajar siswa? Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa skala. Skala terdiri dari variabel dukungan sosial teman sebaya dengan identitas diri. Sedangkan subjek yang di teliti berjumlah 27 responden, dari kelas VII C. Hasil di analisis secara statistik dengan menggunakan rumus product moment dan dibantu dengan menggunakan SPSS 20 For Windows. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa variabel motivasi belajar siswa kelas VII – C di SMP Muhammadiyah Kota Kediri sebagian besar yaitu sebanyak 48,14% terdapat pada kategori cukup. Sedangkan variabel minat belajar siswa kelas VII - C di SMP Muhammadiyah Kota Kediri sebagian besar yaitu sebanyak 51,85% terdapat pada kategori cukup dan ada hubungan antara motivasi belajar dan minat belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: dengan dari hasil penelitian diperoleh menunjukan motivasi siswa untuk belajar dalam kategori cukup. Dari penelitian minat siswa untuk belajar dalam pada kategori cukup. Dari data yang diperoleh menunjukan hasil yang signifikan artinya bahwa ada hubungan antara motivasi belajar terhadap minat belajar siswa. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, dapat dikatakan dengan cara memotivasi siswa untuk diharapkan menambah semangat belajarnya, dan melalui motivasi belajar ini juga diharapkan siswa menambah minat untuk belajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI