Kecenderungan kepribadian peserta didik berdasarkan tingkat gejala stres akademik kelas VII SMPN 2 Papar Tahun pelajaran 2014/2015
Author (Penulis)
RIRIN NUR FARIDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0249
Abstract
ABSTRAK
Ririn Nur Farida: Kecenderungan kepribadian peserta didik berdasarkan tingkat gejala stres akademik kela VII SMPN 2 Papar Tahun pelajaran 2014/2015, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata kunci : Kepribadian, stres akademik.
Kepribadian merupakan sebuah aspek penting yang menentukan kondisi kesehtan dan psikologis peserta didik. Melihat sifat-sifat dan faktor-faktor kepribadian yang dapat menjadikan peserta didik mengalami stress dalam akademiknya, maka peneliti dapat melakukan tes psikologis untuk mengetahui dan mempertimbangkan gambaran kepribadian yang dimiliki oleh para peserta didik tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kecenderungan kepribadian peserta didik dan bagaimana tingkat gejala stres akademiknya. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII SMP N 2 Papar Kediri tahun pelajaran 2014-2015. Sampel diambil dengan teknik pengambilan sampel random atau sampel acak.
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat korelasional yang bertujuan untuk mengetahui kecenderungan kepribadian peserta didik dengan tingkat gejala stres akademik. Sampel penelitian ini adalah 60 siswa kelas VII SMP N 2 Papar Kediri tahun pelajaran 2014/2015. Instrumen dalam penelitian ini angket langsung dengan jawaban tertutup. Metode analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment dan untuk perhitungan analisis data digunakan bantuan komputer dengan program SPSS versi 21.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah adanya hubungan yang sangat signifikan antara kecenderungan kepribadian dengan dengan tingkat gejala stres akademik SMP N 2 Papar Kediri tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini terbukti dengan perolehan probabilitas (Sig) sebesar 0,003 < ? (0,05), maka hipotesis yang berbunyi” Ada Kecenderungan kepribadian peserta didik berdasarkan Tingkat Gejala Stres Akademik Kelas VII di SMP N 2 Papar Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015 diterima”. Kecenderungannya adalah semakin baik kepribadian peserta didik, maka semakin baik pula tingkat gejala stres akademik peserta didik, dan sebaliknya semakin rendah kepribadian peserta didik, maka juga semakin rendah pula tingkat gejala stres akademik peserta didik.
Sehingga diharapkan para orang tua, guru dan khususnya konselor agar memperhatikan anak didiknya untuk selalu membangun kepribadian yang sehat guna untuk menunjang tingkat gejala stres akademik peserta didik agar lebih baik.