HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LINGUISTIK DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMPN 2 BERBEK TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

RIKA RAHMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0244

Abstract

ABSTRAK Rika Rahmawati: Hubungan antara Kecerdasan Linguistik dengan Komunikasi Interpersonal Kelas IX di SMPN 2 BERBEK Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi, BK, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci: Kecerdasan Linguistik, Komunikasi Interpersonal, Sosial. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman pene-liti, bahwa komunikasi antar individu tidak dapat lepas dari kemampuan individu dalam berbahasa. Jika kecerdasan linguistik individu rendah maka akibatnya akan menghambat untuk berkomunikasi dengan individu lain. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana Kecerdasan Linguistik peserta didik? (2) Bagaimana komunikasi interpersonal peserta didik ? (3) Ada-kah hubungan antara Kecerdasan Linguistik dengan Komunikasi Interpersonal Peserta didik ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan subyek penelitian peserta didik kelas IX SMPN 2 BERBEK. Dalam penelitian ini terda-pat populasi sebanyak 209 peserta didik dengan sampel 50 peserta didik diambil dengan cara random samling yaitu 25% dari populasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan skala kecerdasan linguistik dan skala komunikasi interper-sonal. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kecerdasan Linguistik peserta di-dik perlu adanya sebuah peningkatan untuk memaksimalkan pengembangan ke-mampuan dalam berbahasa (2) Hubungan sosial peserta didik dengan individu lain memiliki faktor penting yaitu kemampuan untuk berbahasa (3) Terdapat hu-bungan antara kecerdasan linguistik dengan komunikasi interpersonal peserta di-dik. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: Dengan adanya kemampuan berbahasa yang cukup maka peserta didik akan mudah untuk ber-sosialisai dengan individu lain di dalam proses komunikasi interpersonalnya. Selain itu peserta didik dapat menjadi individu yang dapat bersosialisasi baik di lingkungan keluarga, sekitar rumah dan sekolah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI