PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP PAWYATAN DAHA 2 KEDIRI TAHUN 2016/2017


Author (Penulis)

NITA NOVITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0210

Abstract

ABSTRAK Nita Novitasari: Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Pawyatan Daha 2 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2016. Kata Kunci : Perhatian Orang Tua, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan prestasi belajar siswa rendah dimungkinkan kurangnya perhatian orang tua seperti tidak hadir pada waktu menerima rapot, banyaknya siswa yang tidak memiliki orang tua yang lengkap dan lingkungan belajar yang dimungkinkan kurang mendukung dalam belajar. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa Kelas VIII di SMP Pawyatan daha 2 Kediri? (2) Adakah pengaruh lingkungan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa Kelas VIII di SMP Pawyatan daha 2 Kediri? (3)Adakah pengaruh perhatian orang tua dan lingkungan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa Kelas VIII di SMP Pawyatan daha 2 Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasional untuk mengetahui hubungan antara satu atau lebih variabel satu dengan variabel lainnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket dengan populasi berjumlah 117 siswa dan sampel penelitian berjumlah 30 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling (acak) yaitu menggunakan sampel sejumlah 25% dari jumlah populasi Berdasarkan dari pengolahan data pengujian hipotesis 1 (H1) di dapatkan signifikan hasil t hitung sebesar 0,008. Signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05, yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menolak Ho dan menerima Ha yang berbunyi “perhatian orang tua mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar”. Pengujian hipotesis 2 (H2) di dapatkan hasil signifikan t hitung sebesar 0,000. Taraf signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05, yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menolak Ho dan menerima Ha yang berbunyi “lingkungan belajar mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar” dan hipotesis 3 (H3) di dapatkan hasil signifikan F hitung sebesar 0,000. Taraf signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05, yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menolak Ho dan menerima Ha yang berbunyi “perhatian orang tua dan lingkungan belajar mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa”. Berdasarkan simpulan diatas, telah membuktikan terdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua dan lingkungan belajar dengan Prestasi belajar siswa Kelas VIII di SMP Pawyatan daha 2 Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI