PENGARUH LAYANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 KEDIRI KELAS X MIIA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

MOCHAMAD ARIFIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0189

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa beberapa siswa mengalami kendala dalam belajarnya yang berasal dari dalam diri karena ketidakdisiplinan mereka dalam mengatur waktu belajarnya. Layanan guru bimbingan dan konseling hendaknya berjalan secara efektif membantu siswa mencapai tujuan-tujuan perkembangannnya dan mengatasi permasalahannya termasuk membimbing para siswa untuk berperilaku disiplin. Maka diasumsikan bahwa apabila siswa dapat mengatur waktu belajarnya dengan baik dan layanan guru bimbingan konseling dapat berjalan secara efektif maka mereka akan dapat berdisiplin dalam belajar dan mendapatkan hasil belajar sesuai dengan yang mereka butuhkan dan yang mereka harapkan. Permasalahan penelitian ini adalah Adakah pengaruh antara layanan guru bimbingan dan konseling terhadap kedisiplinan belajar siswa di SMA Negeri 1 Kediri Kelas X MIIA Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa di SMA Negeri 1 Kediri Kelas X MIIA Semester Genap. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan instrument berupa angket untuk mengumpulkan data layanan guru bimbingan dan konseling serta kedisipinan belajar siswa. Sedangkan dalam menganalisa hasil data yang telah diperoleh dari angket, peneliti menggunakan analisis statistik “product moment dan split half ” untuk menguji hipotesis. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah memiliki korelasi tinggi pengaruh layanan guru bimbingan dan konseling terhadap kedisiplinan belajar siswa yang dianalisis dengan menggunakan product moment dan split half menghasilkan (rxy hitung sebesar 0,742 ? dari rxy tabel 0,329) pada taraf signifikasi 5% maka hipotesis diterima. Dengan demikian, ada pengaruh antara layanan guru bimbingan dan konseling terhadap kedisiplinan belajar siswa di SMA Negeri 1 Kediri Kelas X MIIA Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Saran berdasarkan penelitian yang dilakukan yaitu layanan guru bimbingan dan konseling hendaknya dimaksimalkan karena sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI