PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI TERHADAP RASA PERCAYA DIRI SISWA DI UPTD SMP NEGERI 1 MOJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

MEGA RISTININGRUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0179

Abstract

ABSTRAK MEGA RISTININGRUM, Pengaruh Layanan Bimbingan Pribadi Terhadap Rasa Percaya Diri Siswa Di UPTD SMP NEGERI 1 Mojo, Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Bimbingan Konseling, 2011. Kata Kunci : Layanan Bimbingan Pribadi, Rasa Percaya Diri Pemilihan judul ini dilakukan karena dipandang perlu mengatasi masalah terkait dengan kurangnya rasa percaya diri siswa karena banyak ditemui siswa di sekolah masih melakukan kegiatan contek-menyontek, tidak berani mengungkapkan ide dan membuang-buang waktu dalam proses kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemberian layanan bimbingan pribadi berpengaruh terhadap rasa percaya diri. Hasil dari penelitian ini untuk memberikan motivasi wawasan dan saran bagi orang tua maupun pihak sekolah bagaimana caranya mengatasi jika siswanya kurang memiliki rasa percaya diri. Penelitian ini menggunakan tehnik pre experimental design. Pendekatan yang dipakai adalah pendekatan kuantitatif dan design penelitian adalah ONE GROUP PRETEST POSTEST DESIGN. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mojo tahun ajaran 2015/2016. Tehnik pengambilan sampel dengan cara Non Random Sampel Tenik Porposive Sampling sehingga sampel penelitian berjumlah 40 responden dan total populasi sebanyak 400 siswa. Untuk teknik analisis data yang digunakan adalah tehnik Korelasi Product Moment. Dari hasil perhitungan dengan product moment diperoleh nilai t hitung sebesar 0,4997. Ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian layanan bimbingan pribadi terhadap rasa percaya. Dengan demikian ada pengaruh yang positif layanan bimbingan pribadi terhadap rasa percaya diri siswa kelas VII G di SMPN 1 Mojo, Kediri. Ditunjukan dengan koefisien korelasi t hitung sebesar 4,997 > t tabel 5% sebesar 1,684.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI