EFEKTIVITAS PEMBERIAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REALITY THERAPY DALAM MENGURANGI PENGGUNAAN HANDPHONE BERLEBIHAN PESERTA DIDIK KELAS XII TKJ SMK MUHAMADIYAH 2 KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
MAYA MUZIDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0177
Abstract
ABSTRAK
MAYA MUZIDAH, NPM : 11.1.01.01.0177, Skripsi, Efektivitas Pemberian Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Reality Therapy Dalam Mengurangi Penggunaan HandphoneBerlebihan PesertaDidikKelas XII TKJ SMK Muhamadiyah 2 Kediri TahunAjaran 2015/2016
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti selama melaksanakan Penelitian di SMK Muhammadiyah 2 Kediri, serta informasi dari Guru BK bahwa ada peserta didik yang menggunakan handphone berlebihan. Contoh penggunaan handphone yang berlebihan sering menggunakan handphone saat pelajaran, sering berkomunikasi lewat handphone dari pada tatap muka, bermain menggunakan handphone di waktu pelajaran berlangsung.
Pertanyaan peneliti ini adalah apakah layanan konseling kelompok dengan teknik reality therapy efektif untuk mengurangi penggunaan handphone yang berlebihan peserta didik kelas XII TKJ 2 SMK Muhammadiyah 2 Kediri?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain SSD (Single Subject Design) dengan subyek penelitian tiga peserta didik kelas XII TKJ 2 SMK Muhammadiyah 2 Kediri.Penelitian dilaksanakan dalam fase baseline dan 4 kali intervensi. Intervensi disini yaitu layanan konseling kelompok dengan teknik reality therapy. Dan tingkat perubahannya diukur dengan pedoman observasi dan wawancara.Kesimpulan hasil penelitian ini adalah layanan konseling kelompok dengan teknik reality therapy efektif untuk mengurangi penggunaan handphone yang berlebihan peserta didik.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian direkomendasikan pada guru BK untuk menggunakan layanan konseling kelompok dengan teknik reality therapy dalam menangani masalah peserta didik terutama dalam penggunaan handphone yang berlebihan. Karena dalam penelitian ini dapat membuktikan keefektifan layanan konseling kelompok dengan teknik reality therapy untuk mengurangi penggunaan handphone yang berlebihan peserta didik.
Kata Kunci :Layanan Konseling Kelompok, Teknik Terapi Realita, Penggunaan Handphone yang Berlebihan