PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP PERENCANAAN STUDI LANJUT PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP PAWYATAN DAHA 1 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

MARY NUZULLUL MUVIDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0176

Abstract

ABSTRAK Mary Nuzullul Muvida: Pengaruh Konsep Diri Terhadap Perencanaan Studi Lanjut Siswa Kelas VIII di SMP Pawyatan Daha 1 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRI KEDIRI, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti yang pernah melaksanakan kegiatan PPL di sekolah tersebut, bahwa ada banyak peserta didik dalam memilih studi lanjutnya dipengaruhi oleh berbagai faktor yaitu ajakan teman, pilihan orang tua dan lingkungan. Hal tersebut nampak bahwa fungsi konsep diri dalam diri peserta didik tidak digunakan sebagaimana mestinya. Sehingga memungkinkan timbulnya kebingungan dalam perencanaan studi lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh konsep diri terhadap perencanaan studi lanjut peserta didik kelas VIII SMP Pawyatan Daha 1 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode penelitian korelasional dengan subyek penelitian peserta didik kelas VIII SMP Pawyatan Daha 1 Kota Kediri yang berjumlah 369 dengan sampel jumlah responden 74 peserta didik. Data tersebut diolah menggunakan uji-r. Untuk analisis data menggunakan rumus Pearson Product Momen. Berdasarkan rumus korelasi product moment menyatakan bahwa pengaruh konsep diri dengan perencanaan studi lanjut peserta didik kelas VIII SMP Pawyatan Daha 1 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016 dengan N = 74 di peroleh hasil perhitungan r hitung = 0,167. Bila dikonsultasikan dengan r tabel N = 70 (karena mendekati 74) pada taraf signifikan 5% diperoleh r tabel = 0,235 dengan demikian r hitung lebih kecil dari r tabel (0,167 < 0,235). Artinya terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara Konsep Diri dengan Perencanaan Studi Lanjut peserta didik Kelas VIII SMP Pawyatan Daha 1 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada faktor lain diluar dari konsep diri yang dapat mempengaruhi perencanaan studi lanjut peserta didik, seperti ajakan teman, lingkungan sekitar dan dorongan dari orang tua. Sehingga sumbangan pengaruh konsep diri terhadap perencanaan studi lanjut sebesar 4,5%, sedangkan sisanya 95,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Konsep Diri, Perencanaan Studi Lanjut.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI