HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DENGAN PRESTASI AKEDEMIK SISWA KELAS VIII SMPN 1 NGANTRU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
ENDRI SEPTIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0109
Abstract
Abstrak
Endri Septiani:Hubungan antara Kecerdasan Logis Matematis dengan Prestasi Akademik Siswa Kelas VIII SMPN 1 Ngantru Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016, skripsi Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata Kunci: Hubungan Kecerdasan Logis Matematis, Prestasi Akademik siswa.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa di SMPN 1 Ngantru ini siswa kelas VIII masih mempunyai kecerdasan logis matematis yang rendah, sehingga sangat mempengaruhi prestasi akademik siswa. Selain itu ketidak tertarikan siswa untuk mengikuti mata pelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kecerdasan logis matematis dengan prestasi akademik siswa di SMPN 1 Ngantru tahun pelajaran 2015/2016
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, disini subyek penelitiannya adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Ngantru Kabupaten Tulungagung. Untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara kecerdasan logis matematis terhadap prestasi akademik siswa dengan menggunakan analisis product moment.
Kesimpulan hasil penelitian ini melalui rumus kolerasi product moment menyatakan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan logis matematis terhadap prestasi akademik siswa SMPN 1 Ngantru Kelas VIII, tahun pelajaran 2015/2016, yang ditunjukkan dari nilai hasil uji r diperoleh hasil dengan rhitung N-1 = 42-1 = 41 sebesar 0,118. Jika dikonsultasikan dengan rtabel dengan taraf signifikansi 5% diperoleh angka 0,279. Dengan demikian rhitung lebih kecil dari rtabel (0,118 < 0,279). Dengan kesimpulan bahwa tidak ada hubungan antara kecerdasan logis matematis dengan prestasi akademik siswa Tahun Pelajaran 2015/2016, yang artinya Ho diterima Ha ditolak.
Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok kecerdasan logis matematis adalah untuk meningkatkan nilai akademik siswa agar setiap siswa mampu memperoleh nilai dan prestasi-prestasi yang maksimal dan membanggakan.