PENGARUH KREATIVITAS DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PGRI I KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

DWI MEGAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0097

Abstract

ABSTRAK Dwi Megawati. Pengaruh Kreativitas dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP PGRI I Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Bimbingan Konseling. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata Kunci: Kreativitas dan Minat Belajar, Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Prestasi belajar peserta didik adalah hasil yang diperoleh dari aktivitas belajar yang mengakibatkan perubahan dalam diri individu. Kreativitas adalah kemampuan untuk menghasilkan komposisi, produk, atau gagasan apa saja yang pada dasarnya baru dan sebelumnya tidak dikenal pembuatannya. Minat belajar wujud kemauan untuk melaksanakan suatu kegiatan belajar dengan ciri timbulnya perasaan senang, perhatian, dan aktivitas dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kreativitas dan minat belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada peserta didik kelas VIII SMP PGRI I Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasi. Penelitian korelasi adalah suatu penelitian yang melibatkan tindakan pengumpulan data guna menentukan, apakah ada hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, karena sistem penulisan penelitian ini dalam bentuk korelasi antar variabel, yaitu variabel X1 (kreativitas) dan minat belajar (X2) dan variabel Y (prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial). Artinya, variabel X memberikan peranan terhadap variabel Y. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP PGRI I Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 4 kelas VIII yang berjumlah 155 peserta didik. Dalam penelitian ini jumlah sampel yang digunakan dari sebanyak 155 menjadi 78 peserta didik teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil uji product moment diperoleh rhitung sebesar 0,616 pada probabilitas sig.(2-tailed) 0,000 dengan df = 75 (pada taraf signifikansi 5%) sedangkan nilai rtabel = 0,227 sehingga dari hasil analisis diperoleh hasil nilai rhitung (0,616) > rtabel (0,227) dengan taraf signifikansi 5%) artinya H0 ditolak ada pengaruh yang signifikan antara variabel kreativitas dan minat belajar terhadap prestasi belajar. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi guru bimbingan konseling agar dapat membantu memotivasi para peserta didik untuk dapat meningkatkan kreativitas dan minat belajar untuk menghasilkan prestasi yang optimal.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI